Heru Budi Sebut Jakarta Berpeluang Masuk 20 Besar Kota Global

Heru Budi Sebut Jakarta Berpeluang Masuk 20 Besar Kota Global

Heru Budi Sebut Jakarta Berpeluang Masuk 20 Besar Kota Global-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut, Jakarta berpeluang masuk 20 besar kota global.

Hal ini dikatakan Heru Budi saat menghadiri Jakarta Economic Forum (JEF) 2024 yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta di Park Hyatt Hotel, Jakarta Pusat, pada Selasa, 15 Oktober 2024.

BACA JUGA:Heru Budi Resmikan JPO Southgate-Tanjung Barat, Permudah Mobilitas Warga

BACA JUGA:Pedagang di JPM Tanah Abang Tuntut Turunkan Biaya Sewa, Heru Budi Serahkan ke Sarana Jaya

Heru Budi mengungkapkan, pada tahun 2023, Jakarta masih berada di peringkat 74 dari 156 kota berdasarkan Kearney’s Global City Index. 

"Meski demikian, Jakarta berpeluang untuk naik menjadi 20 besar kota global dengan mempertimbangkan kemajuan di berbagai sektor," kata Heru Budi dikutip dari siaran pers.

Heru memaparkan, di sektor ekonomi, selama 10 tahun terakhir pertumbuhan ekonomi Jakarta tercatat stabil dengan rata-rata 5,2 persen per tahun dan menjadi kontributor utama perekonomian nasional.

Selanjutnya kata Heru Budi, DKI Jakarta memiliki lebih dari 2.000 startup dan menduduki peringkat 21 di dunia pada 2023 dan menempati urutan kedua sebagai pusat fintech terbesar di Asia Tenggara. 

BACA JUGA:Bangun TPS 3R di Pasar Induk Kramat Jati dengan Anggaran Rp 70 Miliar, Heru Budi Hartono: Olah Sampah Hingga 100 Ton

BACA JUGA:Gibran dan Heru Budi Uji Coba MBG di SMAN 70 Jakarta, Menunya Mewah

“Untuk capaian Foreign Direct Investment (FDI) sebesar 7 miliar USD pada 2023, ekspor dalam sektor teknologi dan kreativitas sebesar 1,5 miliar USD pada 2022,” imbuh Heru.

Kemudian, kemajuan dalam pembangunan infrastruktur transportasi massal dilakukan secara masif dalam 20 tahun terakhir, yakni MRT Jakarta dengan jalur Lebak Bulus-Bundaran HI sepanjang 16 km, dan LRT Jakarta dengan jalur Velodrome-Kelapa Gading sepanjang 5,8 km.

Selain itu, Transjakarta sebagai sistem BRT terbesar di dunia dengan 3.500 unit bus, 260 rute, dan 1 juta penumpang/hari. 

Ia menambahkan, Jakarta juga memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat bersaing di tingkat global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: