Gantikan Heru Budi, Jokowi Tunjuk Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta

Gantikan Heru Budi, Jokowi Tunjuk Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta

Presiden Joko Widodo menunjuk Teguh Setyabudi sebagai Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta untuk menggantikan pejabat sebelumnya Heru Budi Hartono-Dok. Ditjen Dukcapil Kemendagri-

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo menunjuk Teguh Setyabudi sebagai Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta untuk menggantikan pejabat sebelumnya Heru Budi Hartono yang telah bertugas sejak 2022.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) No. 125P, tanggal 16 Oktober 2024, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan PJ Gubernur DKI Jakarta.

BACA JUGA:Jokowi Resmikan Stadion Sumut, Berstandar Internasional dengan Kapasitas 25 Ribu Penonton

BACA JUGA:Jokowi Copot Budi Gunawan dari Kepala BIN, Begini Respon PDIP

"Dalam Keppres tersebut, Presiden Joko Widodo memberhentikan dengan hormat Heru Budi Hartono sebagai Pj. Gubernur DKI Jakarta dan mengangkat Teguh Setyabudi sebagai Pj. Gubernur DKI Jakarta," kata Ari dalam pesan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis. 

Untuk diketahui, Heru Budi yang juga menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta sejak 17 Oktober 2022.

Heru menggantikan tugas Anies Baswedan yang masa jabatannya habis pada 16 Oktober 2022.

Setelah melalui evaluasi, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali memperpanjang masa jabatan Heru Budi hingga Oktober 2024.

BACA JUGA:Ganti Budi Gunawan, Jokowi Ajukan Herindra sebagai Kepala BIN di Kabinet Prabowo

BACA JUGA:Pj. Gubernur Heru Raih Penghargaan Kemendagri Berkat Turunkan Inflasi di Jakarta

Dalam rapat DPRD DKI Jakarta pada September lalu, ada tiga nama teratas Pj Gubernur DKI yang mendapat dukungan terbanyak dari fraksi di DPRD DKI dan diusulkan ke Kemendagri.

Tiga nama usulan DPRD yaitu Dirjen Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, dan Plt Sekjen Kemendagri Tomsi Tohir.

Teguh Setyabudi yang masih menjabat sebagai Dirjen Dukcapil Kemendagri dengan perolehan delapan dukungan. 

Lalu Akmal Malik yang menjabat sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri dengan tujuh dukungan dan Komjen Polisi Tomsi Tohir sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri juga dengan tujuh dukungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: