Platform SATUSEHAT Logistik Dukung Layanan Kesehatan Digital

Platform SATUSEHAT Logistik Dukung Layanan Kesehatan Digital

Menkes Budi Gunadi Sadikin--Kemenkes

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin meresmikan platform SATUSEHAT Logistik, Selasa 15 Oktober 2024.

Menkes Budi Gunadi Sadikin menilai salah digitalisasi dalam industri kesehatan di Indonesia sangat penting.

Oleh karena itu, Menkes Budi Gunadi Sadikin memanfaatkan salah satu platform yang sudah ada yaitu bernama SMILE.

BACA JUGA:Dirut RS Kandou Manado Dicopot Imbas Kasus Bullying PPDS, Kemenkes: Kami Berbenah

"Digitalisasi itu satu hal, yang penting integrasi. (Oleh karena itu) jangan bikin platform lain, pakai saja platform yang sudah dibangun UNDP (SMILE), tapi tingkatkan kapasitasnya supaya lebih banyak yang merasakan manfaatnya," ujarnya di Jakarta, Selasa 15 Oktober 2024.

SATUSEHAT Logistics mengintegrasikan proses rantai pasokan menyeluruh untuk farmasi dan alat kesehatan, mulai dari produksi, pengadaan hingga distribusi di tingkat provinsi ke fasilitas kesehatan. 

BACA JUGA:Jadi Menkes Lagi, Budi Gunadi Sadikin Mau Benahi SDM

Tujuan utama SATUSEHAT Logistic adalah untuk memusatkan data, meningkatkan efisiensi dan akurasi proses pelacakan dan distribusi di seluruh nusantara.

Distribusi dilakukan secara real-time menggunakan Sistem Pemantauan dan Inventaris Logistik Kesehatan Elektronik (SMILE), sebagaimana diamanatkan oleh Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.01.07/MENKES/1568/2024. 

BACA JUGA:Menkes Bilang Kurangi Jatah Makan Suami Jadi Rumus Perbaiki Masalah Gizi Anak dan Ibu Hamil

Melalui sistem ini, SATUSEHAT Logistics memastikan ketersediaan obat-obatan dan peralatan medis yang tepat waktu dan tepat, sehingga meningkatkan layanan perawatan kesehatan bagi masyarakat, memastikan tidak ada seorang pun yang tertinggal. 

BACA JUGA:Viral Poster Ajak Berobat ke Malaysia di Depan Kedubes Malaysia, Menkes: Kita Harus Introspeksi Diri

Peresmian SATUSEHAT Logistics dilakukan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bersama perwakilan dari Direktorat Imunisasi, Direktorat Pelayanan dan Tata Laksana Kefarmasian, Direktorat Penyakit Menular, Direktorat Kesehatan Lingkungan, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin), Kantor Transformasi Digital, para kepala dinas kesehatan dari 38 provinsi di Indonesia, serta mitra pembangunan dari Kementerian Kesehatan. 

“SATUSEHAT Logistics adalah investasi untuk generasi mendatang—semakin kuat sistem kesehatan kita, semakin baik masa depan generasi mendatang,” pungkas Menteri Budi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: