BPOM Segera Buat Regulasi Review Produk Skincare di Medsos, Influencer Tak Bebas Buat Konten?

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berencana menerbitkan regulasi baru terkait review produk skincare di media sosial-Disway.id/Hasyim Ashari-
JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berencana menerbitkan regulasi baru terkait review produk skincare di media sosial.
Aturan ini bertujuan untuk memastikan bahwa ulasan yang disampaikan oleh para influencer bersifat objektif, tidak bertujuan tertentu, serta sesuai dengan standar keamanan produk.
BACA JUGA:Pastikan Aman! BBPOM Imbau Masyarakat Cermat Pilih Hampers Lebaran
BACA JUGA:Jelang Perayaan Idul Fitri, BBPOM Gelar Sidak Takjil di Sekitaran Masjid Akbar Kemayoran
Namun kebijakan ini memicu pro dan kontra di kalangan pembuat konten yang khawatir akan kebebasan mereka dalam membuat konten.
"Begini, secara prinsip seluruh masyarakat dalam konteks perlindungan konsumen punya hak untuk mereview, punya hak untuk menyampaikan data, punya hak untuk menyampaikan review. Tapi kritik, review, dan sebagainya itu diatur lagi oleh aturan-aturan lain," ujar Kepala BPOM, Prod Taruna Ikrar, Kamis 20 Maret 2025.
"Jadi kalau itu berdasarkan aturan itu sudah tuntas, tentu mereka bisa melakukan apa yang menjadi faktornya," tambahnya.
BPOM Pastikan Regulasi Tak Hambat Kreativitas
Menanggapi kekhawatiran tersebut, BPOM memastikan bahwa peraturan ini bukan untuk membatasi kebebasan berpendapat, melainkan untuk memastikan bahwa informasi yang beredar adalah yang benar.
BACA JUGA:BBPOM Jakarta Kembali Temukan Makanan Mengandung Pewarna Tekstil di Pasar Takjil Benhil
BPOM juga akan bekerja sama dengan asosiasi influencer dan pakar kecantikan dalam menetapkan aturan yang adil bagi semua pihak.
"Aturan review ini mengayomi semuanya. Mengayomi industri, mengayomi para influencer, mengayomi para pihak termasuk melindungi masyarakat luas," pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: