Telkom Packfest 2025: 636 UKM Naik Kelas dengan Kemasan Lebih Menjual
Salah satu UMKM yang mengikuti program Packfest 2025-Dok.Telkom Indonesia-
JAKARTA, DISWAY.ID -- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menunjukkan komitmennya dalam memberdayakan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia melalui program Packfest 2025.
Program ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk UMKM melalui penyediaan kemasan profesional, serta edukasi mengenai pencantuman Informasi Nilai Gizi (ING).
Melalui inisiatif ini, Telkom menghadirkan solusi konkret terhadap tantangan yang masih banyak dihadapi UMKM dalam hal kemasan dan kepatuhan label pangan.
BACA JUGA:Bank BJB Serahkan Kunci Secara Simbolik ke 100 Debitur FLPP
BACA JUGA:Raih 43 Penghargaan di Nusantara CSR Awards 2025, PLN Terima Predikat Platinum SDGs
Packfest 2025 merupakan program inisiatif Telkom dan Rumah BUMN untuk memberikan pendampingan dan subsidi biaya kemasan hingga 50 persen kepada para UMKM.
Tak hanya soal tampilan luar, Packfest juga membekali pelaku UMKM dengan pengetahuan teknis mengenai label Informasi Nilai Gizi (ING).
Hal ini tentunya sesuai dengan ketetapan BPOM, khususnya bagi pelaku usaha makanan dan minuman.
Hingga pertengahan 2025 sebanyak 636 UMKM telah berpartisipasi, melibatkan total 90 titik binaan (Witel, Telkom Daerah, dan Rumah BUMN), dengan total 516.500 kemasan yang dicetak.
Program ini menjawab berbagai tantangan yang kerap dihadapi pelaku usaha, mulai dari minimnya pemahaman desain, keterbatasan biaya, hingga sulitnya akses ke vendor kemasan.
BACA JUGA:Selain JP Morgan, BlackRock dan Vanguard Juga Tambah Kepemilikan Saham BBRI
BACA JUGA:Dampak Tarif Trump Harga BBM Pertalite Cs Terancam Naik, Bahlil Siap Negosiasi dengan AS
Melalui Packfest, UMKM kini dapat memesan kemasan dengan material berkualitas seperti paper metalized dan alumunium foil dengan harga terjangkau dan tanpa biaya pengiriman.
UKM Asakawa dari Rumah BUMN Koba Bu Nurhayati menyampaikan, “Awalnya saya pikir kemasan bagus itu pasti mahal dan ribet. Tapi sejak ikut Packfest, kami diajari cara memilih bahan, desain, sampai mencantumkan label gizi sesuai aturan. Sekarang kemasan produk saya jauh lebih bagus, terlihat praktis, dan tetap profesional.”
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber:
