Hari ke-24 Ramadan, Tradisi Malam Selawe Dibuka Kembali

Hari ke-24 Ramadan, Tradisi Malam Selawe Dibuka Kembali

Lautan manusia selalu memadati kawasan makam Sunan Giri pada tradisi Malam Selawe, sebelum pandemi Covid-19. (Dispardbud Gresik)--Jawapos.com

JATIM, DISWAY.ID-Ramadan telah memasuki hari ke-24, hari ini Selasa 26 April 2022. Artinya, malam nanti juga termasuk malam ganjil atau likuran. 

Sebab, esok 27 April puasa akan memasuki hari ke-25. Nah, di Gresik, Jawa Timur, menyambut momen itu ada tradisi turun temurun sejak ratusan tahun silam. Yakni, Malam Selawe.

Tradisi Malam Selawe sempar terhenti selama pandemi Covid-19, namun kini tradisi Malam Selawe dibuka kembali. 

Tradisi Malam Selawe bak puncak ramadan di Kawasan Wisata Religi Sunan Giri Kecamatan Kebomas, Jawa Timur.

Ribuan orang tumpah ruah. Mulai anak-anak, remaja hingga lanjut usia.

Tidak hanya warga Jatim, yang datang juga dari luar Jawa. Baik datang menggunakan kendaraan pribadi atau berombongan naik bus.

Pemkab Gresik pun sudah memberikan sinyal untuk menyemarakkan kembali tradisi Malam Selawe. Bahkan, untuk menyambut para pengunjung, juga akan digelar bazar UMKM yang dipusatkan di terminal wisata religi di kawasan Sekarkurung.

Terpantau dalam dua hari terakhir ini, saat sore kawasan Jalan Sunan Giri dan Sunan Prapen juga sudah begitu padat. 

Sebab, sudah banyak pedagang menjajakan beragam barang dagangannya. Mulai makanan, pakaian hingga sejenisnya.

Karena itu, yang tidak berkepentingan sebaiknya hindari kawasan wisata religi makam Sunan Giri pada hari ini hingga malam nanti karena bisa jadi akses itu akan penuh lautan pengunjung. 

Pengunjung yang sekadar jalan-jalan, berziarah ke makam Sunan Giri atau berburu Lailatul Qadar di Masjid Jamik Sunan Giri

Awal Mula Tradisi Malam Selawe

Belum jelas mulai kapan tradisi Malam Selawe. Namun, dari penelusuran di berbagai literatur, termasuk wawancara dengan , juru kunci makam Sunan Giri M Khusaini, tradisi Malam Selawe disebut sudah berjalan sejak zaman Sunan Giri. 

Artinya, telah ada sejak ratusan tahun silam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos.com