Indikator Bensin di Jarum E, Cukup Sampai SPBU

Indikator Bensin di Jarum E, Cukup Sampai SPBU

Ilustrasi/Indikator bensin --Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID- Bagi pemudik yang memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang kampung, hendaknya kendaraan harus dalam kondisi prima, fisik dan mentalnya. 

Tak kalah penting adalah memastikan kecukupan BBM di sepanjang jalur mudik

Pelajari terlebih dahulu rute yang akan ditempuh. Jangan lengah. Habis bensin, bisa repot.

Kalau sedang asyik mengemudi atau tidak mendapati adanya SPBU di sepanjang jalur mudik dan tiba-tiba mendapati indikator bensin sisa satu bar atau pada jarum menunjukan level ‘E’, jangan panik.

Technical Service Division Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi menjelaskan, pada umumnya indikator bensin yang menunjukan level terendah dan menjadi sinyal untuk segera melakukan isi ulang BBM tidak berarti langsung habis saat itu juga.

BACA JUGA:Viral! Aksi Nekat Pemudik Bawa Motor di Atap Mobil, Overload Parah

"Nggak langsung habis terus tiba-tiba mobil langsung mati, nggak. Biasanya masih ada sisa yang cukup untuk lanjut perjalanan dan mencari SPBU atau pengisian bensin terdekat," ujar Bambang.

Bambang melanjutkan, saat indikator bensin menunjukan level ‘E’ (pada indikator jarum) atau sisa satu bar (pada indikator digital), rata-rata mobil saat ini masih bisa melaju 50 hingga maksimal 60 km lagi jaraknya.

"Jadi seharusnya masih cukup (untuk mencari SPBU terdekat). Karena memang nggak langsung habis. Biasanya kan setelah itu masih ada mode kedip atau lampu indikator fuel menyala, nah itu tanda berarti BBM semakin tiris,” terang Bambang.

BACA JUGA:6 Tips Bawa Barang Saat Mudik Pakai Mobil Pribadi, Pastikan Tidak Ganggu Kenyamanan di Perjalanan

Jika mendapati demikian, pengemudi harus langsung segera mencari SPBU. Kalau mobil bisa mogok karena kehabisan bahan bakar.

"Kalau sekiranya lihat sudah mau habis ya baiknya langsung diisi. Atau supaya aman, pastikan mengisi BBM setiap indikator menunjukan level setengah. Itu lebih baik, jadi perjalanan mudik nggak was-was,” tandas Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos.com