Lody Natasha dan Sasty Laksamana Kembali Turun di Asia Cross Country Rally 2024

Selasa 30-07-2024,21:08 WIB
Reporter : Dimas Rafi
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Setelah sukses mengikuti Asia Cross Country Rally 2023, duo srikandi Lody Natasha dan Sasty Laksamana kembali berlaga di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2024 yang akan dilaksanakan di Thailand tanggal 11-17 Agustus 2024.

Lody Natasha dan Sasty Laksamana akan menjadi wakil dari Indonesia di kelas perempuan pada kelas T1D.

BACA JUGA:Julian Johan Kembali Turun di AXCR 2024, Tambah Co-Driver Baru Asal Thailand, Target Podium!

BACA JUGA:Mitsubishi Triton T1 Tunjukan Performa Terbaik Bersama Tim Mitsubishi Ralliart di AXCR 2023

Dua srikandi ini harus menaklukkan medan sepanjang 2.400 kilometer (km) di Thailand dimulai dari Surat Thani, Hua Hin/Cha-am, dan berakhir di Kanchanaburi.

Lody Natasha mengungkapkan keikutsertaan kembali untuk berlaga dalam AXCR 2024 bersama dengan Sasty Laksamana adalah momen yang ditunggu-tunggu.

"Asia Cross Country Rally ini sangat kami tunggu. lbaratnya, tidak ada event seperti ini di Indonesia. Selain itu, jalur yang disuguhkan sangat menantang, tidak hanya mengandalkan kemampuan menyetir tapi juga navigasi, team work, sampai kekuatan mobil. Saya pribadi menantikan suguhan trek yang penuh kejutan selama seminggu tersebut. Karena sesungguhnya jalur yang akan kita lalui ini tidak ada survei,” tutur Lody.

BACA JUGA:Tetap Jaga Nasionalisme, Pereli Indonesia di AXCR 2023 Gelar Upacara 17 Agustusan di Laos

BACA JUGA:Dua Srikandi Indonesia, Lody-Sasty Sukses Finish di LEG-3 AXCR 2023

“Selain itu, kompetitor kami pun bukan kompetitor main-main. Banyak pembalap offroad terbaik Asia ada di event ini," tambah Lody dalam Presscon di Oxygen, Jakarta, Selasa, 30 Juli 2024.

Sedangkan bagi Sasty Laksamana, pengalaman berlaga di Asia Cross Country Rally 2023 memberikan kepercayaan diri dan pandangan baru untuk menghadapi Asia Cross Country Rally 2024.

"Setelah melewati AXCR 2023 yang penuh tantangan, ternyata saya bisa meraih apapun hasilnya selama tidak menyerah. Pengalaman sebelumnya pun membuahkan kepercayaan diri baru bahwa kita benar-benar bisa, Melalui kesempatan ini, saya ingin menginspirasi semua orang bahwa kita bisa melewati rintangan yang kita pikir tidak bisa. Selama kita yakin dengan diri sendiri, dijalani dulu, dan tidak menyerah,” papar Sasty.

Dua Srikandi asal Indonesia, Lody Natasha dan Sasty Laksamana, menjatuhkan pilihan hati ke Isuzu D-Max untuk mengikuti kompetisi Asia Cross Country Rally 2024.

BACA JUGA:Alasan 2 Srikandi Indonesia, Lody dan Sasty Andalkan Isuzu D-Max di AXCR 2023

BACA JUGA:Pikoli Oil Dukung Lody dan Sasty Serta Rudy Poa, Siap Harumkan Indonesia di AXCR 2023

Pemilihan tersebut lantaran lsuzu D-Max ini dinilai sesuai untuk menaklukkan ganasnya gelaran reli yang dibaratkan sebagai 'Reli Dakar Asia.

Isuzu D-Max 4x4 balap kali ini berkapasitas mesin kendaraan sebesar 3.000 cc dengan mesin turbo dan double suspensi.

Spesifikasi kendaraan ini membuat handling dan stabilitas yang dihasilkan di jalan kasar yang membuat mobil akan lebih baik dikemudikan, sampai suspensi yang membuat laju kendaraan terjaga keseimbangannya.

Kesemuanya dilakukan guna menghasilkan mobil reli bertenaga besar yang dapat mengatasi segala kondisi jalan berbatu, medan berat, bahkan yang tidak bisa diprediksi sekalipun.

Lody Natasha, salah satu offroader wanita Indonesia ini, menilai pemilihan Isuzu D-Max sesuai dengan kebutuhan untuk menaklukan reli terganas di Asia itu. Ditambah dengan pengalaman di AXCR 2023 sangat membantu dalam pemilihan kendaraan.

"Sejujurnya, AXCR 2023 kemarin memberikan pengalaman terbaik untuk meningkatkan kemampuan dalam menghadapi rintangan. Salah satunya dengan pemilihan kendaraan ini. Tahun lalu, kami menggunakan jenis mobil yang sama dan semakin percaya bahwa Isuzu Dmax tangguh untuk membantu kami berlaga dalam event yang berat ini. Harapannya, kami bisa finish dan lebih baik dari sebelumnya," tutur Lody.

BACA JUGA:Andalkan Land Cruiser Mesin LX570, Julian Johan Siap Bertarung di AXCR 2023

BACA JUGA:Berkancah di Asia Cross Country Rally 2023, Ini Susunan Tim Mitsubishi RALLIART

Sasty Laksamana sebagai co-driver yakin dengan menunggangi Isuzu D-Max mampu maksimal melakukan navigasi kepada Lody Natasha sekaligus mengaplikasikan strategi baru untuk AXCR 2024.

"Pengalaman di AXCR 2023 itu sangat berharga dan menjadi pelajaran yang sangat penting bagi kami sehingga membuahkan hasil berupa strategi baru untuk AXCR 2024. Jalur Asia Cross Country Rally 2024 sepanjang kurang lebih 2.400 km, all over Thailand. Kita harus bisa menaklukkan trek tersebut dengan menggunakan strategi untuk mencapai garis finish" ujar Sasty Laksamana sekaligus pemilik Privé Dental and Medical Team.

Tidak kalah penting, dua srikandi ini juga didukung oleh Oxygen.ID, Myslo Floret, GHP LAW FIRM, Pikoli, Astra Isuzu, Suwarnadwipa Nusantara, Siaga, Coffee please, dan Sariayu Martha Tilaar.

Untuk diketahui, AXCR Sudah digelar sejak 1996. Reli ini digelar lintas negara Asia dan pernah diadakan mulai dari Thailand, Malaysia, Singapura, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Laos, Vietnam, Kamboja, hingga Myanmar.

Asia Cross Country Rally menjadi ujian besar untuk semua aspek keterampilan peserta dan tim. Mulai dari membaca road map untuk co-driver sampai kemampuan menaklukan medan penuh tantangan dengan kombinasi medan mulai dari daerah rawa, hutan, penyeberangan sungai, gurun, perkebunan, aspal, jalan bertanah merah hingga sirkuit untuk driver.

Tak hanya itu, faktor kondisi cuaca tak terduga yang dihasilkan oleh alam di Asia merupakan tantangan lain yang perlu dihadapi para peserta Asia Cross Country Rally.

Kategori :