BPOM Dukung Fitofarmaka Masuk JKN, Obat dari Bahan Alam Wujud Kemandirian Farmasi

Minggu 04-08-2024,21:47 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Masyarakat saat ini semakin menyadari pentingnya kembali ke alam atau back to nature, termasuk saat memilih obat-obatan. 

Obat dari bahan alam disebut juga dengan OBA.

Dexa Group dan industri Obat Bahan Alam (OBA) lainnya mendapatkan apresiasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) untuk menjadi orangtua angkat yang dapat memberikan edukasi dan pelatihan untuk pengembangan OBA bagi produsen UMKM. 

BACA JUGA:Herb Euphoria Fest Ajak Hidup Sehat Alami dengan Konsumsi Bahan Herbal

Upaya ini diyakini dapat memperkuat percepatan kemandirian farmasi di Indonesia.  

Penandatanganan Program Orang Tua Angkat UMKM Obat Bahan Alam dan Kosmetik digelar di acara Indonesia Wellness Festival (Wellfest) 2024, di Mall Central Park, Jakarta, pada 2 Agustus 2024.

Dari Dexa Group, komitmen tersebut ditandatangani oleh Business Development and Scientific Affairs Director Dexa Group Prof. Raymond Tjandrawinata yang disaksikan oleh Plt. Kepala Badan POM Rizka Andalucia. 

Rizka Andalucia mengatakan program ini melibatkan 6 industri kosmetik dan 8 industri obat bahan alam yang berkomitmen sebagai orang tua angkat bagi UMKM obat bahan alam dan kosmetik.

BACA JUGA:5 Minuman Herbal Turunkan Kolesterol saat Idul Adha ala dr Zaidul Akbar 

Melalui program ini, industri obat bahan alam dan kosmetik memberikan pendampingan kepada UMKM dalam hal peningkatan pengetahuan terkait perizinan, standar sarana, dan mutu produk, teknologi, hingga pemasaran, sehingga UMKM mampu memenuhi ketentuan dan dapat berkembang lebih cepat serta berdaya saing tinggi.

Menurut Prof. Raymond, dengan penandatanganan komitmen tersebut ke depannya Dexa Group akan memberikan dukungan berupa edukasi dan sharing knowledge kepada produsen UMKM yang memproduksi obat bahan alam. 

BACA JUGA:5 Obat Herbal Kemasan Warung untuk Sembuhkan Masuk Angin Setelah Kehujanan

"Hal ini merupakan sinergi yang baik antarprodusen. Dexa Group menyatakan dukungan untuk mengembangkan ekosistem obat bahan alam yang potensinya sangat besar di Indonesia dan juga global," kata Prof. Raymond. 

Melalui upaya ini, dikatakan Prof. Raymond, dapat mendorong produk obat bahan alam di Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan dapat bersaing di pasar global.

BACA JUGA:10 Obat Herbal Penurun Gula Penderita Diabetes Secara Alami

Kategori :