Satgas Impor Tak Akan Razia Pusat Perbelanjaan, Kemendag Minta Pedagang Jualan Seperti Biasa

Jumat 09-08-2024,19:12 WIB
Reporter : Sabrina Hutajulu
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Isy Karim menegaskan bahwasanya satgas impor tak akan merazia barang-barang yang dijual di pusat perbelanjaan atau pertokoan.

Hal ini menyusul soal video viral di media sosial beberapa waktu lalu yang menarasikan bahwa satgas impor merazia pedagang di pusat perbelanjaan Mangga Dua, Jakarta Utara.

BACA JUGA:Zulhas Sambangi Jaksa Agung, Bahas Satgas Impor Ilegal

BACA JUGA:Pengusaha Kritik Pedas Rencana Kemendag Serahkan Barang Impor Ilegal ke Pabrik: Alasan Yang Gak Masuk Akal

"Perlu kami sampaikan bahwa pada minggu kemarin ada berita yang viral bahwa satgas ini ikut razia pusat perbelanjaan dan pertokoan, itu tidak benar," katanya di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Jumat 9 Agustus 2024.

Ia mengklarifikasi bahwasanya satgas hanya akan melakukan razia atau penindakan di gudang importir, dan bukan di pusat perbelanjaan.

"Yang benar satgas ini hanya akan melakukan penindakan di gudang importir. Kami mengharap jangan khawatir untuk kegiatan berjualan. Jangan khawatir ada razia barang dagangan," tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan Isy, ia meminta agar para pedagang bisa jualan seperti biasa.

BACA JUGA:Tidak Ada Anggaran untuk Pemusnahan, Kemendag Akan Serahkan Ribuan Barang Impor Ilegal ke Pabrik Sebagai Bahan Bakar Gratis

BACA JUGA:Barang Impor Ilegal Merajalela di Pasaran, Mendag Zulhas Heran Malah Jadi Hal Umum

"Yang benar satgas itu di gudang-gudang importir. Pedagang bisa jualan lagi seperti biasa," tandasnya.

Diberitakan Disway sebelumnya, Viral di media sosial (medsos) terkait adanya razia barang impor oleh Bea Cukai di ITC Mangga Dua, Pademangan, Jakarta Utara.

Dalam rekaman video yang diunggah akun Instagram @jakut.info, tampak para pedagang panik mendengar kabar ada petugas Bea Cukai datang untuk merazia barang impor.

Dinarasikan, para pedagang yang ada di lantai dasar pun langsung menutup stand-nya, karena takut terkena razia.

BACA JUGA:Mantap, Kemendag Kembali Sita Barang Impor Ilegal, Mendag Zulhas: Kerugian Ditaksir Rp18 Miliar!

Kategori :