Jelang HUT ke-79 RI di IKN, Kakorlantas Cek Kesiapan Personel dan Kendaraan Lalu Lintas

Minggu 11-08-2024,09:36 WIB
Reporter : Anisha Aprilia
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol. Aan Suhanan melakukan pengecekan terhadap kesiapan dan kendaraan pengamanan, pengawalan rute lalu lintas dan parkir (pamwalrolakir) Ditlantas Polda Kaltim di Islamic Center Balikpapan.

Pengecekan itu dilakukan jelang peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia yang akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Dari data laporan Pak Dirlantas, secara keseluruhan sudah siap mengamankan dan mengawal rangkaian acara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di IKN ini," kata Aan, Minggu, 11 Agustus 2024.

BACA JUGA:Kawasan Halim Perdana Kusuma Dipadati Masyarakat Sambil Kawal Kirab Bendera Pusaka ke IKN

Nantinya, akan ada 898 personel yang dilibatkan dalam Satgas Pamwalrolakir untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama rangkaian kegiatan berlangsung. 

Kakorlantas menekankan pentingnya kesiapan kendaraan pengamanan.

Menurutnya, seluruh kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, telah melalui pengecekan menyeluruh untuk memastikan semuanya dalam kondisi prima dan siap digunakan.

BACA JUGA:Rute Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Monas ke IKN 10 Agustus 2024, Ada Panggung Hiburan!

"Ada 87 kendaraan roda empat dan 31 kendaraan roda dua yang sudah siap operasional, bahkan sudah menjalankan tugas pagi dan siang hari ini," ujar Kakorlantas.

Jenderal bintang dua ini juga menegaskan bahwa Satgas Pamwalrolakir telah melakukan berbagai simulasi untuk memastikan kesiapan mereka dalam mengamankan acara besar tersebut.

BACA JUGA:Ada Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Monas ke IKN 10 Agustus 2024, Cek Rekayasa Lalu Lintas yang Diberlakukan!

"Simulasi telah dilakukan beberapa kali, baik untuk pengawalan maupun pengamanan rute. Beberapa waktu lalu kami juga sudah latihan, sehingga pada hari H nanti kita betul-betul siap untuk mengamankan event yang luar biasa ini," tambahnya.

Mantan Dirgakkum Korlantas Polri ini berharap dengan persiapan yang baik dan komitmen yang tinggi dari seluruh personel, peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 ini dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar.

BACA JUGA:Komisi II DPR RI Soroti Pembengkakan Anggaran HUT ke-79 RI di IKN: Padahal Ekonomi Rakyat Saat Ini Berat

"Saya sampaikan kepada personel agar dipersiapkan dengan baik sehingga event yang luar biasa ini kita bisa kelola dengan baik secara luar biasa sehingga hasilnya lebih maksimal," pungkasnya.

Kategori :