Ini Dia Rekomendasi Investasi Cuan Ekonom Danamon, Ada Obligasi dan Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kamis 10-10-2024,13:27 WIB
Reporter : Sabrina Hutajulu
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ekonom PT Bank Danamon Indonesia Tbk Hosianna Evalita Situmorang mempunyai rekomendasi investasi cuan untuk masa sekarang ini.

Di mana, saat ini Bank Indonesia menurunankan suku bunga acuan dari 6,25 persen menjadi 6,00 persen Pada RDG September 2024.

Pemangkasan suku bunga tersebut merupakan yang pertama sejak Februari 2021 dan dibutuhkan untuk mengembalikan stabilitas harga dan menjaga daya beli masyarakat. 

BACA JUGA:Ini Keunggulan Produk Biologi untuk Pengobatan Degeneratif, Kini Gencar Dikembangkan Pemerintah

Dengan kondisi demikian, banyak nasabah yang kini beralih ke instrumen investasi jangka panjang, meninggalkan konsumsi barang-barang tahan lama yang sebelumnya menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi domestik.

Oleh karenanya, Hosianna Evalita Situmorang melihat bahwasanya ruang pemangkasan suku bunga tetap berpotensi mendukung masuknya inflow investor asing ke instrumen keuangan domestik.

"Mengingat inflasi domestik yang rendah, terjaganya kestabilan makroekonomi domestik, serta imbal hasil di domestik yang masih lebih tinggi dari negara peers lainnya sehingga pada akhirnya nilai tukar Rupiah pun bisa stabil cenderung menguat," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip 10 Oktober 2024.

Dengan penurunan suku bunga ini, lanjut Hosianna, investasi di instrumen pendapatan tetap seperti Obligasi dan Reksa Dana Pendapatan Tetap menjadi menarik karena return yang lebih tinggi. 

Apalagi, saat ini pemerintah tengah membuka penawaran Obligasi Negara Ritel (ORI), yaitu ORI026 yang terdiri dari ORI026T3 dengan kupon 6,3 persen (untuk tenor 3 tahun) dan ORI026T6 dengan kupon 6,4 persen (untuk tenor 6 tahun) per tahun. 

BACA JUGA:Polytron Berikan Subsidi Kepemilikan Motor Listrik dan Sewa Baterai Gratis

"ORI026 ini dapat dibeli sepanjang periode mulai 30 September hingga 24 Oktober 2024 mendatang, dan dapat dipesan melalui e-SBN ataupun online melalui platform investasi digital dan aplikasi perbankan digital yang telah menjadi mitra distribusi ORI026," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Hosianna, seiring dengan dinamika yang terjadi, sektor perbankan memiliki peran penting dalam membantu masyarakat beradaptasi dengan memenuhi kebutuhan informasi dan rekomendasi seputar investasi, serta produk dan layanan yang diperlukan untuk berinvestasi. 

Itulah sebabnya, Danamon menghadirkan rekomendasi produk investasi yang tepat melalui rangkaian produk Wealth Management untuk membantu nasabah memaksimalkan keuntungan investasinya di tengah situasi turunnya suku bunga. 

"Oleh karena itu, Danamon secara rutin mempublikasikan Product Focus, yang diterbitkan oleh tim Market Strategist dan Investment Advisory setiap kuartal," tuturnya.

"Publikasi ini memberikan informasi tambahan mengenai rekomendasi produk investasi berdasarkan analisis faktor-faktor dan indikator ekonomi yang relevan," tandasnya,

Kategori :