Ingat! Ini Jadwal One Way dan Ganjil Genap saat Arus Balik di Tol Jakarta-Cikampek Hari Ini, Sabtu 7 Mei 2022

Ingat! Ini Jadwal One Way dan Ganjil Genap saat Arus Balik di Tol Jakarta-Cikampek Hari Ini, Sabtu 7 Mei 2022

One way di Tol Palikanci. -Dedi Haryadi-Radarindramayu.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, mewakili Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menyampaikan bahwa arus balik lebaran 2022 diprediksi akan terus alami peningkatan, Sabtu 7 Mei 2022.

Saat menyampaikan persiapan Korlantas Polri dalam menghadapi arus balik lebaran 2022, dalam virtual zoom meeting di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang, Rabu 4 Mei 2022, Aan menyinggung soal penerapan one way dan contra flow.

Ia bilang, arus balik lebaran 2022 harus dievaluasi dari skema arus mudik pada pekan lalu, di mana terjadinya perlambatan arus kendaraan yang disebabkan beberapa hal.

Namun sebelumnya ia mengatakan bahwa arus mudik 2022 lalu terbilang berhasil dengan beberapa strategi yang sudah direncanakan.

BACA JUGA:WhatsApp Keluarkan Fitur Baru, Jadi Mirip Instagram dan Facebook Nih!

“Keberhasilan arus mudik secara keseluruhan tidak lepas dari strategi yang sudah kita rencanakan sebelumnya.

"Setidaknya ada beberapa strategi yakni strategi manajemen media, penambahan kapasitas lajur, strategi pengurangan volume kendaraan melalui ganjil genap, strategi penempatan personel pada titik permasalahan, dan rest area,” ujar Dirgakkum.

Berdasarkan temuan saat arus mudik yang menyebabkan perlambatan hingga berakibat kemacetan saat arus mudik lebaran 2022 kemarin, langsung menjadi bahan evaluasi Korlantas bersama stakeholder.

Dirgakkum Korlantas Brigjen Aan merinci perlambatan selama arus mudik diakibatkan mulai dari kendaraan tidak laik jalan, pemudik yang menerobos dari jalur B ke A maupun sebaliknya di U-Turn atau dobrak (bukaan pembatas jalan) saat pemberlakuan one way maupun contra flow di ruas tol, pengemudi berhenti di bahu jalan juga perlambatan arus kendaraan menjelang rest area.

BACA JUGA:Formula 1 Miami, Akibat Masalah Hidrolik, Max Verstappen Gagal Selesaikan FP 2

“Tolong terus diinformasikan kepada masyarakat untuk menyiapkan kendaraannya. Karena hal ini mengganggu arus dibelakang.

"Kemudian tolong personel mengamankan pada titik U-turn atau dobrak (bukaan pembatas jalan) mengantisipasi perlambatan-perlambatan saat arus balik. Dipatroli terus, di woro-woro terus,” terangnya.

Strategi Arus Balik Lebaran 2022

Dalam persiapan arus balik, Dirgakkum menerangkan telah menyiapkan CB (cara bertindak) untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan saat arus balik, diantaranya pemberlakuan oneway ganjil-genap dan contra flow.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: