Fakta Pernyataan Cak Imin tentang Tingkat Pengaruh Politik PBNU terhadap PKB

Fakta Pernyataan Cak Imin tentang Tingkat Pengaruh Politik PBNU terhadap PKB

KH Imam Jazuli Lc MA-Dok.Disway.id -Disway.id

Realitasnya adalah adanya Gerakan Nahdliyin Bersatu di Jawa Timur. Gerakan kultural politik ini merupakan representasi batas pengaruh elite struktural PBNU dan kedaulatan warga NU. Gerakan ini dideklarasikan di Bangkalan, Madura. Pengamat politik yang juga Direktur Surabaya Survey Center (SSC) Mochtar W Oetomo menilai keyakinan didukung kalangan Nahdliyin tersebut cukup masuk akal. Itu lantaran jaringan figur Gus Muhaimin serta PKB yang selama ini dikenal memiliki irisan kuat dengan kalangan Nahdliyin. Di kalangan kiai muda yang populer adalah Gus Kautsar Kediri.

Akhir kata, menurut penulis, pernyataan kontroversial Cak Imin dalam membaca manuver politik Gus Yahya bukan sebuah arogansi dalam komunikasi, melainkan pemetaan yang akurat tentang besaran suara PKB yang solid dari atas hingga bawah. Hal itu mungkin terjadi karena jumlah warga NU yang mendukung PKB hanya 15 persen dari total warga NU yang 91,2 juta atau 35,5 persen dari populasi Indonesia. Wallahu a'lam bis shawab. (*)

*) Penulis adalah Alumni Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri; Alumni Universitas Al-Azhar, Mesir, Dept. Theology and Philosophy; Alumni Universiti Kebangsaan Malaysia, Dept. Politic and Strategy; Alumni Universiti Malaya, Dept. International Strategic and Defence Studies; Pengasuh Pondok Pesantren Bina Insan Mulia, Cirebon; Wakil Ketua Pimpinan Pusat Rabithah Ma’ahid Islamiyah (Asosiasi Pondok Pesantren se-Indonesia); Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Periode 2010-2015

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: