Musim Sowan Kandidat Capres, Sekarang Sudah Tak Sungkan Lagi

Musim Sowan Kandidat Capres, Sekarang Sudah Tak Sungkan Lagi

Ilustrasi: Kotak suara -Pixabay/@planet_fox-Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Pemilu 2024 ternyata makin terang meski jaraknya masih sekitar 2 tahun lagi. Ini ditandai dengan maraknya musim sowan para kandidat yang mayoritas masuk dalam bursa survei. 

Sowan bagi para kandidat penting sekali. Selain menjaga ikatan emosional, tentu saja melahirkan ide, gagasan serta ‘bisik-bisik’ yang menjadi kesepahaman antara kandidat dan orang yang disowani itu.

Pandangan mata publik jelas tertuju pada pergerakan kandidat capres. Dari Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Cak Imin-sapaan akrab Muhaimin Iskandar, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sampai Ganjar Pranowo yang namanya kian mentereng. 

BACA JUGA:SRMC Simulasi 3 Pasangan Kandidat di Survei Pilpres 2024, Hasilnya Begini

Sementara kandidat lain pun tak kalah asik dengan agendanya dalam waktu dekat. Sebut saja Erick Thohir. Menteri BUMN ini terus bergerak, setelah bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Tampak Siring di Bali, rencananya akan ke Lampung. 

Ada agenda pertemyan Sobat Erick Lampung di Ballroom Swissbell Hotel Bandar Lampung besok Selasa 10 Mei 2022 pagi pukul 7.30 WIB.

Beragam cara, selain sowan pendekatan sampai promosi lewat baliho dengan menggunakan momen Lebaran juga marak di jalanan. 

BACA JUGA:36 Penumpang Dilarang Berangkat Pakai Kereta Api, Ganjar: Saya Minta Maaf

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo misalnya, berkeliling menemui para kiai dan  tokoh Nahdlatul Ulama. Di tempat lain, 

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.  (AHY) sowan ke Ketum Golkar  Airlangga Hartarto. Sementara itu, baliho bergambar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah nampang di Yogyakarta, Sidoarjo, Banten, bahkan sampai ke luar Jawa.

Di antara para tokoh politik, Prabowo jadi yang paling gesit dan rajin melakukan silaturahmi dan mengunjungi pondok pesantren.

BACA JUGA:Imbas Populer di Survei Saluran Youtube Ganjar Diretas 

Menteri Pertahanan ini, mulai berkeliling ke sejumlah pesantren di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, sejak 3 Mei atau  sehari setelah Lebaran. Safari dimulai  dengan menemui Kiai As’ad, Pimpinan Ponpes Walisongo, di Situbondo dan Kiai Ahmad Muzaki Syaha, Pimpinan  Pondok Pesantren Al-Qodiri, di Jember. 

Dari sana, Prabowo menemui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi, Surabaya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: