Gunung Taal Filiphina Kembali Meletus, Ribuan Penduduk Diungsikan

Gunung Taal Filiphina Kembali Meletus, Ribuan Penduduk Diungsikan

Letusan gunung Taal di Filiphina tersebut memuntahkan gumpalan debu dengan ketinggian hingga 1.5 km tersebut terjadi pada Sabtu, 26/6/2022 sekitar pukul 7.00 pagi -tangkapanlayar-video@lasac. filipina-

JAKARTA, DISWAY.ID – Akibat kembali meletusnya gunung Taal yang berada di sebelah selatan Manila membuat puluhan ribu penduduk diungsikan.

Letusan gunung Taal di Filiphina tersebut memuntahkan gumpalan debu dengan ketinggian hingga 1.5 km tersebut terjadi pada Sabtu, 26/6/2022 sekitar pukul 7.00 pagi waktu setempat.

Pemerintah mengeluarkan peringatan terkait letusan gunung Taal bagi warga yang tinggal di radius 70 km disekitar gunung dengan meningkatkan tingkat kewaspadaan dari level 3 ke level 2.

Menurut badan seismologi dan vulkanologi mengungkapkan ada kemungkinan aktivasi magma terkait dengan letusan gunung Taal tersebut yang akan mengakibatkan letusan susulan.

BACA JUGA:Murid SD Naik Baskom ke Sekolah, Belajar di Kelas yang Terendam Banjir

BACA JUGA:Pejabat Negara Gemar Impor Barang? Rachmat Gobel: Benar-benar Mengkhianati Amanat Pembukaan UUD 1945!

"Magma di bagian kawah yang dangkal berinteraksi dengan air, menyebabkan letusan yang atau disebut juga dengan aktivitas freatomagmatik," kata Renato Solidum selaku kepala badan vulkanologi Filiphina.

Tetapi Solidum mengatakan aktivitasnya tidak akan separah seperti letusan yang terjadi pada Januari 2020 lalu yang menyebabkan hujan abu.

Pihak berwenang mengevakuasi lebih dari 1.100 orang yang tinggal di daerah tepi danau dekat gunung Taal yang terdiri dari nelayan dan pekerja keramba di danau.

BACA JUGA:Operasi Militer Rusia Bergeser ke Donbas, Jenderal Rusia: Fase Perang Pertama Selesai

BACA JUGA:Cuci Otak, Terapi Penderita Stroke oleh dr Terawan, Tukul dan Aburizal Bakrie Rasakan Manfaatnya

Dilansir dari reuters.com, pada Januari 2020 lalu gunung Taal meletus sehingga menyemburkan abu vulkanik setinggi setinggi 15 km.

Akibat letusan tersebut lebih dari 100.000 orang harus mengungsi dan puluhan penerbangan dibatalkan dan abu tebal menutupi Manila.

BACA JUGA:Umumkan Pensiun dari WWE, Triple H: Saya Tidak Akan Pernah Bergulat Lagi!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reuters