Pengertian Lengkap Haid, Nifas dan Istihadhah

Pengertian Lengkap Haid, Nifas dan Istihadhah

Ilustrasi/ Penjelasan Haid, Nifas dan Istihadhah-Pixabay-

JAKARTA, DISWAY.ID- Keluarnya darah pada kemaluan wanita di waktu-waktu tertentu dalam Islam terbagi atas beberapa nama yaitu, Haid, Nifas dan istihadhah. Beberapa wanita masih sulit untuk memahami atau membedakannya. 

Berikut adalah penjelasan perbedaan Haid, Nifas dan Istihadhah lengkap dari Fiqih Wanita;

  • Haid

Haidh atau Haid adalah darah yang keluar dari rahim seorang wanita pada waktu tertentu. 

Setiap bulan, salah satu ovarium melepaskan sel telur, proses yang bernama ovulasi. 

Dalam waktu yang sama, perubahan hormon mempersiapkan rahim untuk kehamilan. Jika ovulasi terjadi dan sel telur tidak dibuahi, lapisan rahim keluar melalui vagina. Ini adalah masa haid atau menstruasi. 

Saat haid tidak dibolehkan untuk shalat, puasa, thawaf, menyentuh mushaf, dan berhubungan intim dengan suami pada kemaluannya. 

Namun ia diperbolehkan membaca Al-Qur’an dengan tanpa menyentuh mushaf langsung (boleh dengan pembatas atau dengan menggunakan media elektronik seperti komputer, ponsel, ipad, dan lain-lain), berdzikir, dan boleh melayani atau bermesraan dengan suaminya kecuali pada kemaluannya.

Allah Ta’ala berfirman:

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُواْ النِّسَاء فِي الْمَحِيضِ وَلاَ تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىَ يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللّهُ

Mereka bertanya kepadamu tentang (darah) haid. Katakanlah, “Dia itu adalah suatu kotoran (najis)”. Oleh sebab itu hendaklah kalian menjauhkan diri dari wanita di tempat haidnya (kemaluan). Dan janganlah kalian mendekati mereka, sebelum mereka suci (dari haid). Apabila mereka telah bersuci (mandi bersih), maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepada kalian.” (QS. Al-Baqarah: 222)

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata:

كَانَ يُصِيبُنَا ذَلِكَ فَنُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ وَلَا نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلَاةِ

“Kami dahulu juga mengalami haid, maka kami diperintahkan untuk mengqadha puasa dan tidak diperintahkan untuk mengqadha shalat.” (HR. Al-Bukhari No. 321 dan Muslim No. 335)

Batasan Haid :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: