5 Jenis Minuman Bisa Buat Tubuh Tambah Dehidrasi saat Cuaca Panas, Salah Satunya Kopi

5 Jenis Minuman Bisa Buat Tubuh Tambah Dehidrasi saat Cuaca Panas, Salah Satunya Kopi

5 Jenis Minuman Bisa Buat Tubuh Tambah Dehidrasi saat Cuaca Panas, --Pixabay/Pexels

Karenanya, siapa pun yang mempertimbangkan untuk mengurangi asupan kopi atau kafein harus terlebih dahulu mengevaluasi jumlah air yang dikonsumsi. Keseimbangan yang aman dan sehat dapat dicapai di antara kedua minuman tersebut.

BACA JUGA:VIRAL Rekaman Diduga Suara Ustaz Yusuf Mansur Mengumpat Perempuan Bikin Geger, Singgung Soal Bayar Utang

5. Es teh

Tidak ada yang terdengar lebih menyegarkan daripada meminum segelas es teh dingin di teras selama hari musim panas yang terik.

Sayangnya minuman dengan dan gula dan kafein bisa membuat tubuh dehidrasi.

Di sisi lain, Ketua unit kerja koordinasi Gastro-Hepatologi IDAI, Muzal Kadim mewanti-wanti agar masyarakat tidak memilih minuman dingin di tengah cuaca panas ekstrem. 

BACA JUGA:Alasan Elon Musk Tunda Beli Twitter, Taktik Negosiasi karena Harga Saham Turun?

Ya, saat ini di sebagian besar wilayah Indonesia tengah dilanda suhu panas ekstrem. Bahkan, di Jakarta suhu bisa mencapai angka 36 derajat celcius.

"Jangan terlalu dingin, karena ditakutkan malah memicu infeksi saluran napas akut," kata Muzal dalam dalam webinar yang digelar IDAI, ditulis Senin 16 Mei 2022.

Menurut Muzal, bukan cuma air yang terlalu dingin, minum air panas atau hangat juga tidak dianjurkan diberikan kepada anak saat suhu ekstrem seperti saat ini. 

"Air panas tidak membuat suhu tubuh turun dengan cepat dan membuat anak tetap merasa panas," ujarnya.

BACA JUGA:Bahaya Konsumsi Minum Dingin di Tengah Cuaca Panas Ekstrem

"Prinsipnya kan memang untuk mendinginkan suhu tubuh, makanya minum air dingin tapi tidak terlalu dingin, jangan minum air hangat atau panas," sambungnya.

"Para orang tua sebaiknya lebih memerhatikan hal ini agar anak tak tersiksa di tengah cuaca yang cukup ekstrem ini," lanjutnya.

Terlebih lagi, Muzal juga meminta agar para orang tua tidak memberikan minuman dengan rasa-rasa tertentu seperti sirup saat cuaca panas ekstrem. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: