Dosen IIQ Jakarta Juara 1 Musabaqah Hifzh Al Quran Tingkat Dunia

Dosen IIQ Jakarta Juara 1 Musabaqah Hifzh Al Quran Tingkat Dunia

Rifdah Fardinah (ketiga kiri) saat mengikuti 107's Family Quranic Competition di Nigeria.-Ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) Institut Ilmu Alquran (IIQ) Jakarta, Rifdah Farnidah, meraih juara 1 MHQ (Musabaqah Hifzh al-Quran) kategori 30 juz pada 107's Family Quranic Competition di Nigeria.

Di mana, pada kategori ini diikuti 87 peserta dari berbagai negara, antara lain yaitu Ghana, Liberia, USA, India, Arab Saudi, dan Turki.

MHQ tingkat dunia kali ini berlangsung 8 - 26 April 2022.

BACA JUGA:Presiden Pimpin Ratas penyelenggaraan Haji 2022, Menag: Kita Sudah Siapkan Skema A Sampai Z

Rifdah mengaku terharu dan bersyukur atas juara yang diraihnya.

"Alhamdulillah saya bersyukur masih diberikan kesempatan mengikuti musabaqah di tingkat internasional dan bisa memberikan hasil yang terbaik untuk Indonesia," tutur Peraih juara 2 MHQ Internasional di Yordania 2018 ini. 

"Tentunya apa yang saya raih saat ini tidak lepas dari do'a dan bimbingan dari guru-guru saya di pondok pesantren al-Hikamussalafiyyah Sumedang dan Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta," imbuhnya di Jakarta, Selasa 17 Mei 2022, seperti dikutip dari laman Kemenag RI.

Atas capaian ini, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani, memberikan apresiasi dan rasa bangga yang mendalam.

BACA JUGA:264 Tentara Terakhir Ukraina di Mariupol Menyerah ke Pasukan Rusia

"Ditjen Pendidikan Islam tentu turut bangga dan berterima kasih atas capaian ini. Musabaqah Hifzh Al Qur’an 30 juz tingkat dunia diraih oleh Indonesia melalui perguruan tinggi di bawah binaan Kementerian Agama. Meski secara teritori, Indonesia jauh dari pusat kelahiran Islam di Timur Tengah, tetapi secara faktual Indonesia mampu menjadi peraih yang terbaik di ajang internasional. Indonesia tentu sangat bangga," ungkap pria yang biasa disapa kang Dhani ini.

Dalam kesempatan sama, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Amin Suyitno, memberikan apresiasi dan menyatakan bahwa ini menjadi bukti bahwa perguruan tinggi keagamaan Islam terus berkontribusi substantif di tingkat dunia, terlebih di bidang Studi Al-Qur’an.

"Terlebih, IIQ merupakan gudangnya para penghafal dan penafsir Al-Qur’an yang menjunjung tinggi nilai-nilai keindonesiaan. Dari rahim IIQ, telah banyak qari dan qariah kian mengharumkan nama baik bangsa ini," ungkap Direktur Diktis yang juga guru besar UIN Raden Fatah Palembang.

BACA JUGA:Asal Usul Gelar Haji dan Hajjah Setelah Menjalankan Rukun Islam ke-5 di Indonesia

Dekan Fakultas Ushuluddin IIQ, Muh. Ulinnuha juga bersyukur dan menyampaikan apresiasi atas capaian Rifdah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait