Syarat Penumpang Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta Usai Pelonggaran Prokes

Syarat Penumpang Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta Usai Pelonggaran Prokes

Penumpang Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta-Istimewa-fin

“Sejalan dengan terbitnya SE Kemenhub Nomor 56 dan 58, kami memproyeksikan lalu lintas penerbangan meningkat hingga akhir tahun dengan jumlah pergerakan penumpang pesawat di seluruh bandara AP II secara kumulatif dapat mencapai 45 juta orang, atau lebih tinggi sekitar 10% dibandingkan dengan target yang ditetapkan pada awal tahun yakni sekitar 41 juta orang,” jelasnya.

Pergerakan pesawat juga akan meningkat mendekati kondisi normal sebelum pandemi COVID-19.

“Pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara terbesar di Indonesia dapat mencapai 1.000 penerbangan/hari yang merefleksikan tingkat pemulihan (recovery rate) sebesar 86% hingga 91% dari kondisi normal sebelum pandemi. Dengan kata lain, penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta sudah sangat mendekati kondisi norma,” terang Awaluddin.

BACA JUGA:Kabupaten Tangerang Dapat Kuota Haji 890 Orang, Terbanyak di Banten

Di dalam mengantisipasi tingginya lalu lintas penerbangan, AP II berkoordinasi dengan seluruh stakeholder penerbangan sehingga keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat tetap berjalan lancar.

“Seluruh stakeholder di bandara AP II sudah menunjukkan kolaborasi sangat baik pada periode angkutan lebaran 2022 saat lalu lintas penerbangan tinggi. Bahkan, di Bandara Soekarno-Hatta pergerakan penumpang mencapai rata-rata 120.000 – 130.000 per hari atau sama dengan kondisi normal sebelum pandemi. Seluruh stakeholder akan kembali berkoordinasi erat guna mengantisipasi tingginya lalu lintas penerbangan di bulan-bulan mendatang,” kata Awaluddin.

BACA JUGA:Akomodasi dan Transportasi Jemaah Haji 2022 di Arab Saudi Sudah Beres, Tapi Konsumsi Masih Proses Kontrak

Ia juga mengungkapkan periode peak season berikutnya adalah pada musim liburan sekolah, angkutan penerbangan haji 1443 H/2022 M, serta libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023.

“Musim liburan sekolah pada Juni, keberangkatan dan kedatangan penerbangan haji di bandara-bandara AP II pada Juni – Agustus, serta libur Natal dan Tahun Baru pada Desember 2022 – Januari 2023. AP II bersiap dari sekarang menghadapi peak season ini,” tutur Awaluddin.

Director of Operation AP II Muhamad Wasid menyampaikan, persiapan yang dilakukan antara lain adalah terkait penyesuaian operasional bandara termasuk operating hours, lalu kesiapan personel termasuk kecukupkan dan kecakapan SDM, infrastruktur pelayanan dan operasional, serta koordinasi erat dengan seluruh stakeholder terkait jadwal penerbangan.

BACA JUGA:Kritik Stadion Thien Truong Vietnam, Shin Tae-yong: Rumputnya Sangat Buruk

“Tren pergerakan lalu lintas penerbangan akan dianalisis setiap hari untuk menentukan kebijakan yang tepat, termasuk terkait optimalisasi infrstruktur pelayanan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: