Akomodasi dan Transportasi Jemaah Haji 2022 di Arab Saudi Sudah Beres, Tapi Konsumsi Masih Proses Kontrak

Akomodasi dan Transportasi Jemaah Haji 2022 di Arab Saudi Sudah Beres, Tapi Konsumsi Masih Proses Kontrak

Menag Yaqut Cholil Qoumas memimpin rapat koordinasi di Kantor Urusan Haji (KUH), Makkah.-kemenag RI-

MEKKAH, DISWAY.ID-- Layanan akomodi dan transportasi jemaah haji Indonesia di Arab Saudi sudah beres pengadaannya. 

Saat ini, kontrak pengadaan layanan akomodasi dan transportasi jemaah haji di Arab Saudi tersebut selesai dilakukan.

Sedangkan untuk layanan konsumsi jemaah haji Indonesia masih proses pengadaan.

BACA JUGA:18 Persen Calon Jemaah Haji Indonesia Terancam Tidak Diberangkatkan, Belum Divaksin Dosis Lengkap

Di mana, untuk konsumsi di Madinah sudah selesai, tetapi untuk di Mekkah masih proses finalisasi kontrak.  

Demikian diketahui ketika Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menggelar rapat koordinasi di Kantor Urusan Haji (KUH), Makkah, Kamis 19 Mei 2022.

Hadir dalam rapat koordinasi itu, Konjen RI di Jeddah Eko Hartono, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, Dua Staf Khusus Menteri Agama Abdul Rohman dan Abdul Qodir, Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, Tenaga Ahli Menag Hasan Basri Sagala, Kepala KUH Nasrullah Jasam beserta jajarannya, serta Sesmen M Sidik Sisdiyanto.

“Alhamdulillah, saya sudah mendapat konfirmasi bahwa proses pengadaan layanan akomodasi, transportasi bagi jemaah haji sudah selesai. Untuk konsumsi, masih ada proses finalisasi di Makkah. Saya harap bisa selesai dalam waktu dekat. Saya juga minta tim Ditjen PHU dan KUH KJRI Jeddah untuk mengawal kualitas layanannya pada saat jemaah tiba di Tanah Suci,” tegas Menag Yaqut.

BACA JUGA:Pencari Kayu Tewas Diterkam Buaya di Rawa Pinggir Way Tulangbawang

Menurut Menag, dalam rapat terbatas yang berlangsung di Istana Bogor pada 17 April 2022, Presiden secara khusus memberikan pesan bahwa pemerintah harus memberikan pelayanan terbaik dalam pelaksanaan haji tahun ini.

Presiden juga kembali mengingatkan tentang pentingnya menggunakan produk dalam negeri dalam penyiapan layanan bagi jemaah haji.

“Presiden minta tidak ada keterlambatan dalam distribusi konsumsi jemaah. Lakukan upaya maksimal agar bisa memanfaatkan produk dalam negeri,” ujar Gus Men, sapaan akrabnya. 

BACA JUGA:MAN 4 Jakarta Tunggu Arahan Kanwil Kemenag Untuk Buka Pendaftaran PPDB Madrasah 2022

“Kualitas transportasi juga harus bagus, pastikan pendingin atau AC berjalan dengan baik. Fasilitas hotel jemaah harus sesuai standar, ada musalla, tempat makan, dispenser, mesin cuci, dan lainnya. Sebagai langkah mitigasi, tetap siapkan hotel untuk isolasi,” sambung Menag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: