Ditanya Soal Kinerja Gibran Saat Sambangi Taman Balekambang, Jokowi: Waduh Saya Nggak Ngikuti

Ditanya Soal Kinerja Gibran Saat Sambangi Taman Balekambang, Jokowi: Waduh Saya Nggak Ngikuti

Presiden Joko Widodo bertemu dan memberikan bantuan untuk pekerja seni di Taman Balekambang Surakarta, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Kamis, 26 Mei 2022. -Setpres/Kris-Disway.id

Jokowi menyalurkan bantuan tambahan modal kepada para pedagang dan pelaku usaha kecil. Nampak hadir di rombongan Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa.

Jokowi berpesan para penerima untuk memanfaatkan bantuan dari pemerintah sebagai tambahan modal usaha. Keuntungan dari usaha dapat digunakan untuk keperluan yang lain. “Disyukuri ini bisa untuk tambahan modal usaha, Nanti kalau ada anggaran dari APBN, nanti ditambahi,” katanya.

Untuk diketahui bantuan yang diserahkan berupa bantuan aksesibilitas, yakni motor roda tiga, kursi roda adaptif, kursi roda elektrik, kursi roda multi guna, dan tongkat penuntun adaptif. Selain itu, diserahkan pula bantuan modal usaha sejumlah Rp 129.569.450.

Presiden Jokowi juga memberikan bantuan uang tunai kepada para tukang becak yang ada di sekitar Pasar Gede.

BACA JUGA:Jokowi ke Ganjar Selaras Hasil Survei, Megawati: Ingat Jangan Lengah

Selanjutnya, di Pasar Mojosongo selain disalurkan bantuan Atensi juga diberikan bantuan modal usaha, santunan YAPI, serta lansia produktif dengan total bantuan sebesar Rp 130.395.747.

Secara keseluruhan, untuk Kota Solo penyaluran bansos minyak goreng periode Mei 2022 sebanyak 40.302 KPM, PKH tahap dua sebanyak 20.229 KPM dengan total nominal Rp 14.207.075.000, dan BPNT sembako kepada sebanyak 40.302 KPM.

Jokowi juga berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. 

Ini disampaikan Presiden setelah bertemu dan memberikan bantuan untuk pekerja seni di Taman Balekambang Surakarta, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

BACA JUGA:Jokowi Gemes Duit APBN dan APBD Termasuk BUMN Dibelanjakan Produk Impor

“Sudah dua tahun ini vakum tidak ada kegiatan dan saya harapkan setelah pandemi bisa kita kendalikan, kita harapkan aktivitas itu bisa dimulai lagi. Seni tradisi, seniman rakyat, wayang orang, reog, ketoprak, semuanya harus hidup kembali dalam rangka merawat, memelihara seni budaya kita,” tutur Jokowi.

Presiden menginginkan Taman Balekambang yang telah direvitalisasi ini dapat menjadi pusat kebudayaan. “Akan memberikan dampak yang baik terhadap seni budaya kita dan utamanya juga bisa menunjukkan bahwa seni tradisi itu tetap hidup sampai kapan pun,” imbuh Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa pemerintah akan selalu mendukung revitalisasi yang berkaitan dengan fasilitas kesenian dan kebudayaan. “Semua yang berkaitan dengan kebudayaan, seni budaya, pemerintah pusat akan mendorong, di mana pun,” tutur Presiden

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: