KKI 2022 Usung Digitalisasi, BI: Terobosan Baru UMKM untuk masuk Pasar Global

KKI 2022 Usung Digitalisasi, BI: Terobosan Baru UMKM untuk masuk Pasar Global

Bank Indonesia (BI) menggelar acara pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2022 di Jakarta Convention Center-Intan Afrida Rafni-

Ia juga mengatakan bahwa acara ini merupakan momentum UMKM untuk bangkit kembali setelah dua tahun terpuruk karena pandemi covid-19.

"Ini menandai selebrasi kebangkitan UMKM. Kita harapkan ini akan menjadi momentum UMKM untuk bangkit setelah dua tahun terkungkung karena covid-19 dan kita belajar banyak dari masa pandemi dan kita harus bisa bangkit kembali," jelas Yunita yang tampak berkharisma dengan pakaian kebayanya.

Melalui acara ini, Ia berharap bahwa UMKM harus bisa bangkit bersama dengan pemerintah agar produk UMKM bisa berkembang ke pasar Global.

"Kita menyadari bahwa pengembangan UMKM tidak bisa sendirian. Harus ada dukungan dari berbagai aspek seperti Kementerian lembaga atau instansi yang memiliki kewenangan dan karakteristik masing-masing sehingga bisa bersinergi bersama," harapnya.

BACA JUGA:11 Tersangka Pinjol Ilegal Diamankan, Polda Metro Jaya: Mereka Menagih dengan Ancaman

Sebagai informasi, acara pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2022 ini mengusung tema 'UMKM Indonesia Bangkit melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan'.

Sesuai dengan tema tersebut, transaksi jual beli yang dilakukan di Karya Kreatif Indonesia 2022 adalah melalui sistem digitalisasi, yaitu menggunakan qris dan transfer.

Adapun Kementerian yang bekerja sama dengan BI adalah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian BUMN, dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), serta dengan industri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: