Jalan-jalan Mampir ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende, LaNyala Dapat Apa?

Jalan-jalan Mampir ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende, LaNyala Dapat Apa?

LaNyalla menyambangi rumah pengasingan Bung Karno yang berada di Ende, Nusa Tenggara Timur, Minggu 29 Mei 2022. -Lanyalla Center -Disway.id

ENDE, DISWAY.ID - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta agar pemerintah dan pihak-pihak terkait bisa menjaga kelestarian Rumah Pengasingan Bung Karno yang berada di Ende, Nusa Tenggara Timur.

Hal itu disampaikan LaNyalla saat mengawali rangkaian kunjungan kerja di Ende, Minggu 29 Mei 2022. 

Menurutnya, Rumah Pengasingan Bug Karno di Ende adalah bagian dari sejarah ditemukannya mutiara bangsa, yakni falsafah sekaligus way of life bangsa ini, yaitu Pancasila. 

“Saya rasa kita beruntung karena masih memiliki peninggalan yang merupakan bagian dari sejarah perjalanan bangsa, seperti Rumah Pengasingan Bung Karno,” kata dia.

BACA JUGA:Beraninya Kedubes Inggris Injak-injak Kultur Indonesia, LaNyalla: Minta Maaf Segera! 

Oleh karena itu, sambung LaNyalla kelestarian tempat-tempat seperti harus terus dijaga.

“Kita harus renungi perjuangan beliau, pengorbanan beliau dan kegiatan-kegiatan beliau selama di Ende. Bahkan ada tempat ibadah khusus untuk beliau di rumah ini. Tanda bahwa beliau selalu dekat dengan Allah,” katanya.

LaNyalla menjelaskan, Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende menyimpan banyak sekali makna.

“Di sinilah suasana kebatinan seorang Bung Karno sebagai Bapak Bangsa bergejolak. Dan di tempat inilah digali lima sila yang kita kenal dengan Pancasila, yang kemudian menjadi pedoman bangsa yang wajib pertahankan,” terangnya.

BACA JUGA:Emak-emak dan MPR Mengadu ke LaNyalla, Sebut Aksi Jalanan Tak Digubris

Tidak itu saja, dari sudut lain sebagai destinasi wisata, tempat ini bisa membantu menghidupi ekonomi daerah juga masyarakat.

Senator asal NTT, Angelius Wake Kako, mengatakan Ketua DPD RI akan berada selama 4 hari di Ende. Salah satu agenda acaranya adalah mengikuti apel peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni bersama Presiden Joko Widodo di Kota Ende. 

Angelius Wake Kako mengatakan, napak tilas ke Rumah Pengasingan Bung Karno  menjadi momentum untuk menemukan nilai spiritual yang pernah ditemukan Bung Karno di Ende selama 4 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: