Bagi Pemudik Jalur Pantura di Cirebon, Waspadai Lokasi Kepadatan dan 3 Pasar Tumpah Ini

Bagi Pemudik Jalur Pantura di Cirebon, Waspadai Lokasi Kepadatan dan 3 Pasar Tumpah Ini

Pemasangan barrier beton di U-Turn Pasar Tegal Gubug yang merupakan salah satu jalur mudik di Pantura Cirebon.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, DISWAY.ID-- Bagi pemudik yang menggunakan Pantura Cirebon perlu mengetahui kebiasaanyang terjadi di jalur tersebut.

Diperkirakan beberapa hari mendatang akan ada lokasi kepadatan dan pasar tumpah.

Pasar tumpah dan pusat kepadatan lalu lintas di jalur mudik Pantura Cirebon, di antaranya adalah Pasar Tegal Gubug, Pasar Plered, dan Pasar Gebang.

BACA JUGA:Bubur Harisa, Tradisi Unik Buka Puasa di Cirebon Sejak 1918

Dishub bersama Polresta Cirebon melakukan penutupan u-turn atau titik putar balik baik yang bisa diakses mobil maupun sepeda motor.

Tujuannya adalah memperlancar lalu lintas dan mengurangi risiko kecelakaan antara pemudik dan warga lokal.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon, Imam Ustadi mengatakan, pihaknya menyiapkan 50 water barier, 100 traffic cone dan perangkat lainnya untuk pelayanan arus mudik yang melalui jalur pantura.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Lantik Yana Mulyana sebagai Wali Kota Bandung

“Secara nasional 83 juta warga yang akan mudik dan diperkirakan 200 ribu warga Kabupaten Cirebon pulang kampung. Nah pantura Kota dan Kabupaten Cirebon adalah lintasan. Pastinya cukup padat untuk kendaraan roda dua dan roda empat,” katanya.

Imam menambahkan, sudah melakukan survei dan memetakan jalur mudik Pantura Cirebon. Hal ini sebagai langkah antisipasi.

Bahkan bersama Polresta Cirebon akan melakukan rekayasa lalu lintas bila sampai terjadi kepadatan di beberapa lokasi.

BACA JUGA:Korban Begal Resmi Bebas Setelah Polda NTB Terbitkan SP3

“Kita sudah melakukan survei, sehingga telah disiapkan langkah antisipasinya juga rekayasa lalu lintas,” kata Imam, kepada radarcirebon.com (jaringan disway.id) di Pasar Tegal Gubug, Senin 18 April 2022.

Imam juga meminta dukungan warga Kabupaten Cirebon, terutama yang berada di pinggir jalan juga pedagang agar bersama-sama menertibkan diri untuk kelancaran arus mudik.

Sumber: radarcirebon.com