Angkutan Mudik Lebaran, KAI Daops III Cirebon Siapkan 13 Lokomotif

Angkutan Mudik Lebaran, KAI Daops III Cirebon Siapkan 13 Lokomotif

Angkutan mudik lebaran 2022. PT KAI Daops III Cirebon mempersiapkan 13 lokomotif. Foto: Deddy Haryadi/radarcirebon.com--

CIREBON, DISWAY.ID-PT KAI Daerah Operasi (DAOPS) III Cirebon mempersiapkan 13 lokomotif baik untuk kereta barang, penumpang maupun dinas untuk kebutuhan angkutan mudik lebaran 2022.

Manajer Humas PT KAI Daops III Cirebon, Suprapto mengatakan, Dipo Lokomotif melakukan pemeliharaan terhadap 13 armada loko untuk angkutan mudik dan arus balik Lebaran 2022.

Dari 13 armada tersebut, mengoperasikan 9 perjalanan kereta. Terdiri dari 4 kereta penumpang dan 5 barang. Sisanya untuk kereta dinas langsir dan perawatan.

"Kita lakukan pengecekan untuk masa angkutan lebaran mulai H-10 sampai dengan H+10,” kata Suprapto saat ditemui di Dipo Lokomotif Stasiun Cirebon, Selasa 19 April 2022.

Diungkapkan Suprapto, terdapat 45 pegawai di unit sarana tidak boleh cuti lebaran dan stand by. 

Mereka memastikan kesiapan sarana prasarana selama masa angkutan lebaran.

Sementara itu, Kepala Dipo Lokomotif PT KAI Daops III Cirebon, Nana menambahkan, petugas memastikan 13 lokomotif siap operasi untuk mendukung angkutan lebaran.

Kemudian terdapat dua lokomotif posko yang ditempatkan di Haurgeulis dan Cirebon. 

Dua lokomotif posko ini berfungsi sebagai cadangan.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) saat ini menyiapkan 401 perjalanan kereta api jarak jauh dengan total 4,7 juta kursi, baik rangkaian utama maupun cadangan, untuk masa mudik Lebaran 2022.

KAI menetapkan masa angkutan lebaran selama 22 hari sejak 22 April sampai dengan 13 Mei 2022. Selama periode tersebut, KAI akan menyediakan angkutan lebaran berikut posko terpadu angkutan lebaran.

Perjalanan KA jarak jauhn sementara ini 366 KA, ada 35 tambahan KA. Berbagai persiapan telah dilakukan jelang memasuki waktu arus mudik yakni ramp check.

Kemudian, inspeksi bersama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), serta persiapan berbagai sarana dan prasarana kereta api.

Secara keseluruhan, terdapat 459 lokomotif yang sudah disiapkan untuk mengangkut angkutan Lebaran, dengan 1.605 kereta api yang siap beroperasi.

Sumber: