KAI Sediakan 1.664 Armada Kereta Api Selama Mudik Lebaran 2024: Hindari Penumpukan Penumpang

KAI Sediakan 1.664 Armada Kereta Api Selama Mudik Lebaran 2024: Hindari Penumpukan Penumpang

KAI Sediakan 1.664 Kereta Api Selama Masa Mudik Lebaran 2024: Hindari Penumpukan Penumpang-PT KAI/Istimewa-PT KAI/Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID - Pelayanan mudik kereta api pada angkutan Lebaran tahun 2024 terus dipantau agar berjalan lancar.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, terus berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Selama masa angkutan Lebaran 2024, PT KAI Daop I telah menyiapkan 1.664 kereta api, dengan rata-rata 76 perjalanan per hari.

BACA JUGA:Link Nonton Queen of Tears Episode 6 Sub Indo, Adegan Ciuman Viral

Tambahan 366 kereta api juga disediakan, dengan rata-rata 17 perjalanan per hari.

Menurut Menhub Budi, ada upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang selama perjalanan mudik dan balik.

Pertama-tama, keberangkatan KA Lebaran dari Jakarta dilakukan dari empat stasiun, yaitu Stasiun Pasar Senen, Gambir, Manggarai, dan Bekasi.

PT KAI juga menambahkan dua rangkaian kereta api baru tujuan Jawa Barat, yaitu KA Pangandaran dengan rute Gambir-Banjar, Tasikmalaya, dan KA Papandayan dengan rute Gambir-Garut.

BACA JUGA:Akses Tambang Batubara di Kalteng Ditutup Ormas, Padahal Berdiri di Lahan Milik Negara

"Ini bertujuan untuk memudahkan penumpang dan mencegah penumpukan di satu stasiun," jelas Budi Karya dalam keterangan tertulis pada Senin, 25 Maret 2024.

Ia juga mengapresiasi para petugas yang memberikan pelayanan maksimal kepada penumpang kereta api serta koordinasi antarpihak dalam mencapai kelancaran angkutan Lebaran.

"Kami melakukan semua ini dengan baik. Saya berbicara dengan beberapa penumpang dan mayoritas dari mereka memberikan apresiasi kepada KAI. Semoga upaya kita ini bermanfaat bagi bangsa dan memberikan layanan yang berkualitas untuk mudik yang berarti bagi semua orang," tambahnya.

Sebelumnya PT. Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan tiket kereta api periode lebaran per Sabtu 23 Maret 2024 sudah terjual sebanyak 1.742.864 kursi.

Berdasarkan pantauan data pada Sabtu 23 Maret 2024 pukul 08.00 WIB, tiket KA Jarak Menengah/Jauh yang terjual pada periode H-10 (31 Maret) s.d H+10 (21 April) adalah sebanyak 1.742.864 tiket atau 51% dari total tiket yang disediakan sebanyak 3.390.922 tiket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: