Peluang Timnas Indonesia Berlaga di Piala Asia 2023 Makin Terbuka

Peluang Timnas Indonesia Berlaga di Piala Asia 2023 Makin Terbuka

Shin Tae-yong saat pertama diperkenalkan PSSI sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia.-Dok.PSSI -Disway.id

Kualifikasi Piala Asia yang berlangsung 8-15 Juni 2022 diikuti 24 tim ambil termasuk Timnas Indonesia. Dua puluh empat tim itu dibagi 6 grup. Masing-masing grupnya berisikan 4 tim.

BACA JUGA:Selamat Datang Piala Presiden 2022, PSSI Tabur Puluhan Miliaran Rupiah 

AFC memberlakukan hanya juara grup dan lima runner-up terbaik yang lolos ke Piala Asia 2023. Satu runner up harus dibuang. Penilaian itu bisa dilihat dari catatan ranking dan hasil laga di babak kualifikasi. 

Jumlah poin dengan capaian gol tertinggi menjadi kredit poin bagi runner up untuk bisa lolos mendampingi juara group.  

Tentu saja peluang besar terbuka bagi Timnas Indonesia saat ini. Namun akan menjadi sesuatu yang fatal jika timnas hanya mengemas seri apalagi kalah dalam 2 laga tersisa. 

Berada di group yang berat membuat Shin Tae-yong harus pintar-pintar memutar strategi apalagi Timnas hanya membawa 23 pemain ke Kuwait.

Informasi tambahan, China telah mundur sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Hal ini akibat wabah pandemi Covid-19 belum tuntas. AFC sudah menawarkan siapa yang berkeinginan menjadi tuan rumah even bergengsi itu. Total ada 47 negara anggota yang telah menawarkan diri tak terkecuali Indonesia.

Berikut ini 13 negara yang sudah lolos ke Piala Asia 2023: Suriah, Australia, Iran, Arab Saudi, Qatar, Jepang, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, China, Irak, Oman, Vietnam, Lebanon.


Timnas Indonesia babat tuan rumah Kuwait dengan skor 1-2 pada laga yang berlangsung di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kamis 9 Juni 2022 dini hari WIB. -PSSI -Disway.id 

Jadwal Timnas Indonesia Group A Piala Asia

Minggu, 12 Juni 2022

Indonesia vs Yordania

Pukul 02.15 WIB

Rabu, 15 Juni 2022

Indonesia vs Nepal 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: