Apa Penyebab Jasad Eril Masih Utuh Walaupun 14 Hari Tenggelam? 2 Faktor Ini Berpengaruh

Apa Penyebab Jasad Eril Masih Utuh Walaupun 14 Hari Tenggelam? 2 Faktor Ini Berpengaruh

Ridwan Kamil (kiri) dan Eril pada suatu kesempatan.-Foto: tangkapan layar disway.id-

Saat terjadi tenggelam, air dapat masuk ke saluran pernapasan. Kondisi ini membuat pasokan oksigen ke dalam tubuh terhenti (hipoksemia). Akibatnya, terjadi kerusakan atau gangguan pada fungsi tubuh, seperti jantung dan otak.

Berdasarkan penelitian, tenggelam merupakan penyebab kematian secara tidak disengaja peringkat ke-3 terbanyak di dunia. Data WHO menunjukkan, terdapat 236.000 kematian akibat tenggelam di tahun 2019.

BACA JUGA:Waspada! 4 Kasus Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Ditemukan di Bali, Menkes: Kebal Vaksin Covid-19

Jika kemungkinan masih bisa selamat, dokter biasanya akan memeriksa pernapasan, denyut nadi, tekanan darah, dan kerja jantung pasien. 

Bila diperlukan, dokter akan melakukan RJP, memberikan tambahan oksigen, serta memasang alat bantu napas, khususnya pada pasien yang mengalami henti napas dan pingsan. Dokter juga akan menilai perlu tidaknya korban dirawat di ruang rawat intensif (ICU).

Perlu diketahui, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz rencananya akan dimakamkan di tempat pemakaman keluarga di daerah Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

BACA JUGA:Pemkot Jakarta Barat Cek Bengkel Mobil Sediakan Layanan Uji Emisi

"Dapat kami informasikan lagi rencananya almarhum (Eril) akan dimakamkan di pemakaman keluarga itu di daerah Cimaung di Kabupaten Bandung," kata Kepala Biro Adpim Setda Provinsi Jabar, Wahyu Mijaya di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat 10 Juni 2022.

Wahyu mengaku belum bisa merinci terkait rencana jadwal penerbangan Ridwan Kamil. Termasuk soal rencana lokasi persemayaman Eril setibanya di Bandung.

"Kami belum dapat menginformasikan lebih lanjut terkait dengan jadwal penerbangan baik itu jadwal penerbangan di sana dan ketibaannya di sini karena kami juga masih mencoba mengkonfirmasi, tetapi Insya Allah itu akan direncanakan kepulangan di hari Sabtu dan tibanya di sini di hari Minggu," tuturnya.

"Setelah tiba di Indonesia, kami belum bisa memastikan juga apakah akan disemayamkan dulu di sini atau langsung ke pemakaman karena kita melihat waktu tibanya dulu," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: