Nicky Liow Buronan Malaysia Menyerahkan Diri

Nicky Liow Buronan Malaysia Menyerahkan Diri

Nicky Liow, pria 34 tahun itu kerap menggelar pesta mewah, datang dengan armada mobil mewah bersama rombongan. -Facebook/Dato Sri Nicky Liow -

KUALA LUMPUR, DISWAY.ID - Nicky Liow Soon Hee akhirnya menyerahkan diri ke Polisi Federal di Kuala Lumpur, Malaysia setelah buron sejak tahun lalu.

Pria berusia 34 tahun itu di masa lalu sering memposting foto dirinya di Instagram dengan tumpukan uang tunai yang diduga diperolehnya melalui pencucian uang, penipuan, dan kegiatan kriminal lainnya.

Liow sering mengadakan pesta mewah, datang dengan armada mobil mewah bersama rombongan.

BACA JUGA: Cucu Proklamator Tanggapi Insiden di Demo Mahasiswa

Namun setelah setahun bersembunyi, pendiri Grup Dinasti Pemenang menyerahkan diri kepada Departemen Investigasi Kejahatan Komersial (CCID) polisi federal di Kuala Lumpur, sekitar pukul 11.00 pagi.

Wakil Inspektur Jenderal Polisi Razarudin Husain mengatakan Liow sedang diselidiki atas lebih dari 20 kasus UU Anti Pencucian Uang dan Anti Pendanaan Terorisme.

”Dia akan dibawa ke Pengadilan Shah Alam besok (hari ini) di mana dia akan menghadapi 26 dakwaan," katanya saat dihubungi.

BACA JUGA: Ade Armando Sudah Bisa Tertawa Meski Kepalanya Parah, 6 Polisi Terluka

Diyakini bahwa 26 dakwaan melibatkan sekitar RM36 juta (S$11,6 juta) atau setara Rp166.584.700.292 atas kasus pencucian uang.

Pemuda ini, kata pihak berwenang Malaysia, mengepalai salah satu sindikat penipuan Macau terbesar di negara itu, dan merupakan salah satu orang yang paling dicari di negara itu.

Liow telah buron sejak Maret tahun lalu ketika polisi Johor melakukan operasi besar-besaran dan penggerebekan di Puchong, Selangor sebelum menangkap 12 orang.

BACA JUGA: Kapolres Way Kanan Akhirnya Buka Suara Terkait Tri Budi yang Viral di Medsos

Delapan pejabat pemerintah yang melindungi sindikat itu juga ditangkap. 

Secara total, pihak berwenang menyita 28 mobil mewah termasuk Ferrari, Bentley, Lamborghini dan Rolls-Royce, dan RM85 juta tunai dan berbagai rekening bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: the star