Haji dan Samudera Teladan dari Nabi

Haji dan Samudera Teladan dari Nabi

Ahmad Zainul Hamdi-Dokumentasi Pribadi-

 عن أنس بن مالك حجَّ النبيُّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ على رحلٍ رَثٍّ وقطيفةٍ خلقةٍ لا تساوي ثم قال : اللهم حجةً لا رياءَ فيها ولا سمعةَ روه الترمذي 

Artinya: Dari Anas bin Malik ra., dia berkata, “Nabi SAW menunaikan haji dengan mengendarai unta dan menghamparkan sehelai kain yang harganya kurang dari empat dirham, lalu beliau berdoa: ‘Ya Allah, jadikanlah haji ini tanpa riya dan mencari kemasyhuran’. (HR. Tirmiżi).

Ketika sampai di Dhulhulaifah atau Bir Ali, Nabi bermalam di sana. Dhulhulaifah atau Bir Ali adalah miqat atau titik start perjalanan haji dari daerah Madinah. Keesokan harinya, beliau mandi hingga bersih, melaksanakan salat, memakai wewangian, memakai pakaian ihram, melafalkan niat haji, kemudian melanjutkan perjalanan. Selama perjalanan menuju Makkah ini, Nabi mengumandangkan kalimat-kalimat tauhid dan mengungkapkan hasrat kerinduan dan ketaatannya memenuhi panggilan Allah. Inilah yang sekarang dikenal dengan lafad talbiyah: 

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ

Artinya: Aku datang memenuhi panggilan-Mu Ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu. 

Setelah delapan hari perjalanan, sampailah Nabi dan rombongannya di Makkah. Besok harinya, Senin pagi tanggal 5 Dhulhijjah, Rasulullah mandi dan menuju ke Masjid Haram untuk menunaikan thawaf dan sa’i.

 Pada tanggal 9 Dhulhijjah, Rasulullah berangkat ke Padang Arafah dan beristirahat di tenda yang telah disiapkan Sahabatnya. Ketika memasuki waktu Dhuhur, beliau minta dibawakan unta beliau yang bernama al-Qaṣwa’ untuk dinaiki. Unta itu pun digiring menuju tengah lembah Uranah. Di atas unta, di tengah lembah Uranah, di bawah terik matahari siang Padang Arafah, beliau menyampaikan khotbah wukuf. 

Setelah berkhotbah, Rasulullah meminta Bilal untuk azan dan beliau pun menunaikan salat jama’ taqdim qashar untuk duhur  dan asar. Selesai melaksanakan ṣalat, Rasulullah menaiki untanya menuju Sakharat yang berada di belakang Jabal Rahmah sambil menghadap ke arah kiblat. 

Dalam usia enam puluh tiga tahun, di tengah panas mentari tanpa tenda, Rasulullah SAW. hanya dilindungi oleh Bilal bin Rabah dengan kain yang ada padanya dari terpaan sengatan sinar mentari siang itu, namun beliau bertahan wukuf di atas untanya. Beliau tetap khusyuk berzikir dan berdoa. 

Tak terbayangkan betapa panasnya saat itu. Betapa letihnya beliau setelah menempuh perjalanan delapan hari melintasi gurun pasir sepanjang 450 km dari Madinah ke Makkah. Karena kedalaman rindu dan kehusyukannya, hari itu beliau mungkin sampai lupa makan dan minum hingga banyak Sahabat yang mengira beliau berpuasa. Andai beliau tidak minum susu yang dikirim salah seorang istrinya, Maimunah binti Hariṡ.

 Inilah doa beliau saat wuquf, di bawah terik matahari siang Padang Arafah: 

اللَّهُمَّ إِنَّكَ تَرَى مَكَانِي , وَتَسْمَعُ كَلَامِي , وَتَعْلَمُ سِرِّي وَعَلَانِيَتِي , لَا يَخْفَى عَلَيْكَ شَيْءٌ مِنْ أَمْرِي , أَنَا الْبَائِسُ الْفَقِيرُ , الْمُسْتَغِيثُ الْمُسْتَجِيرُ , الْوَجِلُ الْمُشْفِقُ , الْمُقِرُّ الْمُعْتَرِفُ بِذَنَبِهِ , أَسْأَلُكَ مَسْأَلَةَ الْمِسْكِينِ , وَأَبْتَهِلُ إِلَيْكَ ابْتِهَالَ الْمُذْنِبِ الذَّلِيلِ , وَأَدْعُوكَ دُعَاءَ الْخَائِفِ الضَّرِيرِ , مَنْ خَضَعَتْ لَكَ رَقَبَتُهُ , وَذَلَّ جَسَدُهُ , وَرَغِمَ, أَنْفُهُ اللَّهُمَّ لَا تَجْعَلْنِي بِدُعَائِكَ شَقِيًّا ,وَكُنْ بِي رَءُوفًا رَحِيمًا , يَا خَيْرَ الْمَسْئُولِينَ , وَيَا خَيْرَ الْمُعْطِينَ 

Artinya: Ya Allah, Engkau melihat tempatku, Engkau mendengar ucapanku, Engkau mengetahui apa yang kusembunyikan dan apa yang kulahirkan, tak satu pun urusanku yang tersembunyi dari-Mu. Aku adalah orang yang menderita yang sangat perlu kepada-Mu, berharap bantuan dan pelukan-Mu, gemetar mengharap belas kasihan dari-Mu, mengaku dengan dosa-dosaku. Aku mohon kepada-Mu permohonan seorang miskin dan aku senandungkan keharibaan-Mu senandung duka orang yang berdosa lagi hina. Aku doa kepada-Mu doa orang yang dalam ketakutan lagi menderita, tertunduk menekurkan kepala kepada-Mu, berlinang air mata untuk-Mu, merendah menghiba kepada-Mu, tidak punya pilihan kecuali berserah pasrah kepada-Mu. Ya Allah, ya Tuhanku, doaku kepada-Mu, janganlah Engkau jadikan aku seorang yang celaka, Maha Belas Kasih dan Maha Penyayanglah kepadaku. Ya Allah Engkaulah sebaik-baik tempat bermohon dan sebaik-baik yang memberi. 

Membaca larik-larik doa Nabi di atas sambil membayangkan kekhusyukan beliau di bawah sengatan matahari Arafah, rasanya tak ada bahasa yang bisa melukiskan kemuliaan manusia agung ini. Jika Allah pernah menciptakan manusia sempurna, itu adalah Nabi Muhammad. Inilah manusia yang digambarkan Allah sebagai manusia dengan akhlak yang sangat agung (al-Qalam:4); yang sangat tinggi belas kasih dan sayangnya kepada manusia (al-Taubah:128); yang perilakunya adalah teladan bagi siapa saja yang menginginkan ridha Allah dan pahala akhirat (al-Ahzab:21).

Manusia seperti inilah yang bersimpuh, menghiba, dan menangis ke haribaan Allah dan mengakui dosa-dosanya. Manusia seagung inilah yang gemetaran berharap perlindungan, kasih sayang, dan pelukan dari Allah. Manusia semulia inilah yang menyenandungkan doa dengan kepala tepekur sambil mengiba agar tidak dijadikan sebagai hamba yang celaka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: