Volvo HX04 Dump Truk Hidrogen Pertama, 12 Kg Hidrogen untuk 4 Jam Kerja

Volvo HX04 Dump Truk Hidrogen Pertama, 12 Kg Hidrogen untuk 4 Jam Kerja

Pabrikan mobil asal Swedia memperkenalkan line up terbarunya Volvo HX04 Articulated Hauler hidrogen pertama, di mana dengan kapasitas 12 kg hidrogen untuk 4 jam kerja. -electrek.co-

JAKARTA, DISWAY.ID – Pabrikan mobil asal Swedia memperkenalkan line up terbarunya Volvo HX04 Articulated Hauler hidrogen pertama, di mana dengan kapasitas 12 kg hidrogen untuk 4 jam kerja.

Volvo HX04 dump truk mempunyai tugas yang sangat berat dengan muatan yang banyak dan beropeasi di jalanan off road maupun di jalan raya yang merupakan dump truk hidrogen pertama dari Volvo.

Dump truk HX04 Volvo berbahan bakar hidrogen ini yang merupakan hasil dari proyek penelitian yang dimulai pada 2018 lalu.

BACA JUGA:Kekerasan Seksual WNA Tiongkok Dialami Wanita 30 Tahun di Jakarta Barat, Korban Alami Luka Robek di Bagian Ini

BACA JUGA:Ini Klarifikasi Tegas Gus Miftah Soal Agama Rendang, Nasi Mandhi Ikut Dibandingkan?

Dalam operasional, HX04 Volvo berbahan bakar hidrogen diisi dengan 12 kg hidrogen dalam waktu sekitar 7,5 menit dan dapat beroperasi selama empat jam.

Dalam menghasilkan energinya, bukan hidrogenyang dibakar, namun dengan menggabungkan hidrogen dengan oksigen. 

Reaksi kimia dari penggabungan ini menghasilkan listrik untuk menggerakkan mesin.

Sel bahan bakar hanya mengeluarkan uap air dan juga dapat menghasilkan panas yang dapat digunakan untuk memanaskan kabin.

BACA JUGA:Zulkifli Hasan Tergetkan Sebulan Selesaikan Masalah Minyak Goreng, DPR Berikan Komentar Monohok

BACA JUGA:Polisi Swiss Ungkap 6 Orang Tewas Tenggelam Sejak Minggu Lalu, Korbannya Ada yang Masih Anak-anak

Agar hidrogen menjadi energy hijau, proses elektrolisis yang digunakan untuk membuat hidrogen harus ditenagai oleh angin atau matahari, bukan dengan bahan bakar fosil. 

Dilansir dari electrek.co, pihak Volvo mengungkapkan bahwa pada prinsipnya, sel bahan bakar bekerja seperti baterai,   HX04 Volvo menghasilkan listriknya sendiri dari hidrogen sesuai kebutuhan dan tidak mengisi daya listrik melalui charging.

Kendaraan dengan tenaga listrik memiliki waktu kerja, jangkauan, dan waktu pengisian bahan bakar yang serupa dengan kendaraan bertenaga mesin pembakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: electrek.co