Ribuan Mayat Korban Gempa Afghanistan Berserakan, Tiongkok Bergerak Kirim Bantuan

Ribuan Mayat Korban Gempa Afghanistan Berserakan, Tiongkok Bergerak Kirim Bantuan

Sejumlah mayat korban gempa Afghanistan siap dikebumikan secara massal, Jumat 24 Juni 2022. -Twitter//@Avvenire_Nei -Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID – Korban gempa bumi di Afghanistan terus bertambah. Mayat berserakan. Kuburan massal pun disiapkan. Kondisi ini menggugah keperihatinan warga Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Berbagai elemen di sana menggalang dana bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi di Afghanistan, yang menewaskan sedikitnya 1.000 orang dan melukai sekitar 1.500 warga lainnya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin mengatakan, Sebagian bantuan makanan pokok dari Tiongkok, telah tiba di Afghanistan.

”Kami bekerja sepanjang waktu melalui berbagi saluran, termasuk Palang Merah Tiongkok dan komunitas bisnis untuk menghimpun dana, tenda, selimut, dan perlengkapan lainnya yang akan dikirimkan secepatnya ke daerah yang dilanda gempa,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri TIongkok Wang Wenbin di Beijing, Jumat 24 Juni 2022.

BACA JUGA:Korban Tewas Gempa di Afghanistan Bertambah Lebih dari 1000 Orang, Taliban Gelar Rapat Darurat!

Barang-barang tersebut langsung didistribusikan kepada masyarakat setempat. ”Tiongkok akan terus meningkatkan kerja sama pencegahan dan mitigasi bencana dengan Afghanistan,” kata Wang.

Ditambahkannya bahwa bencana alam di Afghanistan menarik simpati warga Tiongkok.

Sementara itu Menlu Tiongkok Wang Yi telah menyampaikan pesan duka cita kepada penjabat menlu pemerintahan sementara Afghanistan Amir Khan Muttaqi.

”Menlu sangat berduka dan menyampaikan simpati kepada para keluarga yang ditinggalkan dan korban luka. Menlu menekankan bahwa Tiongkok akan memberikan bantuan kemanusiaan sesuai yang dibutuhkan Afghanistan,” tuturnya.

BACA JUGA:Afghanistan Berubah Sejak Komunis Berkuasa

Wang belum bisa menyebutkan secara rinci berapa nilai bantuan yang akan dan telah diberikan kepada Afghanistan dalam mengatasi bencana alam tersebut. ”Kami akan merilisnya. Tunggu saja nanti,” ucapnya dalam pengarahan pers  

Tidak ada satu pun warga Tiongkok yang menjadi korban gempa bumi di negara tetangganya itu.

Sementara itu Badan-badan bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bergegas mengirim berton-ton bantuan ke Afghanistan, di mana gempa bumi melanda daerah pegunungan terpencil di negara itu minggu ini dan menewaskan 1.036 orang, dengan jumlah korban diperkirakan akan bertambah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reuters

Berita Terkait