Pembangkit Listrik Tenaga Ombak Bakalan Dibangun di Spanyol Dengan Kapasitas 2 Megawatt

Pembangkit Listrik Tenaga Ombak Bakalan Dibangun di Spanyol Dengan Kapasitas 2 Megawatt

Pembangkit listri tenaga ombak akan segera dibangun di Spanyol dengan kapasitas 2 megawatt -ecowavepower.com-

JAKARTA, DISWAY.ID – Spanyol bakalan membangun pembangkit listrik tanaga ombak untuk pertama kalinya.

Pembangkit listrik tanaga ombak ini rencananya akan dibangun oleh Eco Wave Power dan bakalan dibangun di Port Adriano, Spanyol.

Port Adriano sendiri berada di Kawasan pantai selatan pulau Mallorca dan rencananya pembangkit listrik tenaga ombak ini akan beroperasi menyuplai pasokan listrik hingga 20 tahun mendatang.

Eco Wave Power sendiri merupakan sebuah perusahaan Swedia yang didirikan di Israel yang akan melakukan pengerjaan mulai dari pengurusan administrasi, pembanggunan dan operasional serta kemudian penjualan listrik ke beberapa lokasi.

BACA JUGA: Pendaftar PTKIN 2022 Lewat Jalur Prestasi Capai 172,971 Siswa

Pembangkit listrik tenaga ombak ini nantinya berkapasitas 2 megawatt (MW) yang akan dibangun dalam dua tahap serta mampu menyuplai daya sekitara 400 rumah dengan kapasitas penuh.

Antonio Zaforteza selaku CEO OCIBAR sebuah perusahaan yang merupakan pemilik Port Adriano, mengatakan kami percaya bahwa Eco Wave Power sangat sesuai dengan visi inovasi dan keberlanjutan Port Adriano.

BACA JUGA: Pembunuh Begal jadi Tersangka, Wartawan Tanya Tips ke Polisi: Harus Lari Gitu, Tinggalin Motor?

“Kami harap pembanggunan ini dapat menciptakan cara baru dalam menghasilkan energi terbarukan yang akan membantu pelabuhan dan negara kami dalam mengatasi krisis iklim,” tambah Antonio. 

Pembangkit ini berupa Floater Eco Wave Power atau dalam bentuk seperti perahu yang akan bergerak naik turun mengikuti gelombang dan dari Gerakan tersebut akan diproses menjadi energi listrik.

BACA JUGA: Kerja Sama dengan Safran Electronics & Defense, Prancis Akan Pesan Bom MK-82 dari PT Pindad

Sistem ini memulai produksi listrik dari ketinggian gelombang hanya 0,5 meter (1,64 kaki). 

Jika gelombang terlalu tinggi untuk ditangani sistem, karena badai, misalnya, pelampung secara otomatis naik di atas permukaan air dan tetap di posisi atas sampai badai mereda. 

Seluruh pembangkit listrik energi gelombang dikendalikan dan dipantau oleh sistem otomatisas,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: