Nama Asli Kapitan Pattimura Diperdebatkan, Ustaz Adi Hidayat: Siapa yang Permainkan Sejarah Kita?

Nama Asli Kapitan Pattimura Diperdebatkan, Ustaz Adi Hidayat: Siapa yang Permainkan Sejarah Kita?

Ternyata tidak hanya Ustaz Adi Hidayat yang mengungkapkan bahwa nama Pattimura adalah Ahmad Lussy, namun penulis Matthijs Sapija juga ungkap hal yang sama.--Twittter/@yaniarsim

"Ada pertanyaan sejak kapan rendang itu punya agama, apa jawabannya? Sejak batik, calung, angklung punya kewarganegaraan," paparnya.

UAH yakin akan ada banyak masyarakat Indonesia yang marah dan menolak apabila ada negara lain yang mengklaim kepemilikan batik

"Kalau misalnya batik diklaim sama Malaysia mau tidak? Tidak, orang Indonesia akan mengatakan batik itu budaya Indonesia," tutur Gus Miftah.

"Sudah melekat karena itu tidak ingin diklaim oleh negara-negara lain," ucapnya menambahkan.

UAH mengungkapkan pertanyaan Gus Miftah soal sejak kapan rendang punya agama sebagai pertanyaan tidak ada artinya.

Menurutnya, rendang dan batik sama-sama sudah menjadi budaya yang melekat di Indonesia.

"Pertanyaannya sejak kapan batik punya kewarganegaraan? Kan sama saja. Artinya itu adalah pertanyaan yang tidak berfaedah karena itu sudah menjadi budaya yang melekat," tukasnya.

Selain itu UAH menuturkan apabila sebuah adat sudah melekat dalam masyarakat maka bisa saja dikatakan menjadi sebuah hukum.

"Dalam kaidah ushul fiqh dikatakan al adatu muhakkamah kalau sudah melekat, sudah baik dikenal, maka jadi hukum," jelasnya.

"Kalau sudah jadi hukum, maka dikenal oleh masyarakat, kalau berbeda dengan itu, maka akan ada sesuatu yang nyeleneh menyimpang," sambung UAH.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: