Muhammadiyah Idul Adha 9 Juli, Masjid di Makassar Akomodir Salat Id 2 Kali

Muhammadiyah Idul Adha 9 Juli, Masjid di Makassar Akomodir Salat Id 2 Kali

Ilustrasi/Salat Id--Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID-Organisasi non-pemerintah Islam, Muhammadiyah diketahui akan rayakan Idul Adha pada Sabtu 9 Juli 2022.

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir menuturkan, agar semua umat Islam bisa menyikapinya dengan biasa saja.

Katanya, sebagai warga negara yang majemuk, umat Islam Indonesia harus memiliki berbagai cara dalam menyikapi perbedaan Idul Adha tahun ini.

Seperti yang dilakukan oleh Takmir Masjid Masjid Darul Muttaqin, Minasa Upa, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

BACA JUGA:Mengapa Idul Adha 2022 di Indonesia Beda dengan Arab Saudi? Ini Penjelasan Nahdlatul Ulama

Menyikapi perbedaan Hari Raya Idul Adha 1443 H, Masjid Darul Muttaqin mengakomodir jamaah yang pelaksanaan Salat Idul Adha dua kali, yaitu pada 9 dan 10 Juli.

Seperti diketahui, Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada 10 Juli 2022, sedangkan Muhammadiyah  pada 9 Juli 2022.

Muhammdiyah menggunakan metode penanggalan bulan Dzulhijjah pada 30 Juni 2022 lalu dengan Hisab Hakiki Wujudul Hilal.

Sementara Kementerian Agama menggunakan metode yang dinamakan Kriteria Neo MABIMS, dengan tinggi hilal minimal 3 derajat dan elongasi minimal 6,4 derajat.

“Jadi dengan penjelasan ini, antara kedua negara suatu saat bisa jadi bersamaan dalam mengawali bulan, bisa jadi beda seperti sekarang ini,” ungkap Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) KH Sirril Wafa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: