Ada Perbedaan Idul Adha, Ustaz Syafiq Basalamah Tegaskan Keutamaan Puasa Arafah: Kita Mendapatkan...

Ada Perbedaan Idul Adha, Ustaz Syafiq Basalamah Tegaskan Keutamaan Puasa Arafah: Kita Mendapatkan...

Ceramah Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Kota Surabaya batal dapat penolakan Gerakan Pemuda Ansor--Tangkapan layar/YouTube Syafiq Riza Basalamah Official

"Kita gimana? ya tetap berdoa sejatinya sepanjang masa kita diperintahkan untuk berdoa ," sambungnya.

Ustaz Syafiq juga menekankan di hari arafah ini umat muslim sebaiknya menjalankan puasa.

"Sehingga kita mendapatkan 2 fadhilah, keutamaan hari dan keutamaan kondisi," ujarnya.

"Seperti musyafir doanya mustajab, dan orang yang berpuasa doanya mustajab maka harapan manfaatkan hari arafah untuk puasa dan berdoa," sambungnya.

Lanjut Syafiq Basalamah, hari arafah adalah hari yang paling agung.

"Tidak ada hari yang beramal soleh di dalamnya lebih di cintai Allah, lebih mulia, lebih agung drai pada beramal soleh di awal Dzulhijjah," ujarnya.

"Jihad mengorbankan nyawa, jiwa, raga dan harta tidak setara dengan amal soleh di 10 awal Dzulhijjah ini. Jihad pun tak bisa menandingi," ucapnya.

"Kecuali satu kondisi manusia yang keluar dengan hartanya dengan nyawanya, kemudian mati di medan perang mungkin kuda yang dia tunganggi dibunuh, dia pulang tinggal nama itu yang tak tertandingi," tambahnya

Di sisi lain,  perbedaan Idul Adha antara Indonesia dengan Arab Saudi menimbulkan pertanyaan.

Umat muslim mempertanyakan lebih baik ikuti Idul Adha Arab Saudi atau pemerintah Indonesia karena ini berkaitan dengan pelaksanaan puasa arafah.

Menyikapi hal ini, Ustaz Syafiq Riza Basalamah berikan tanggapan mengenai perbedaan Idul Adha  1443 H dan penentuan puasa arafah .

Menurut Ustaz Syafiq Riza Basalamah ia lebih memilihh untuk mengikuti penetapan puasa arafah dan Idul Adha sesuai dengan keputusan pemerintah. 

Pernyataan Syafiq Basalamah ini disampaikan di kanal YoUtube share sunnah dengan judul: "puasa arafah ikut saudi atau indonesia ?" yang diunggah pada 29 Juni 2022.

Pendakwah Ustaz Syafiq Riza Basalamah lantas memberikan alasan mengapa ia lebih pilih mengikuti tanggal puasa arafah Indonesia.

Ustaz Syafiq menyebut jika pesoalan perbedaan ini sepertinya sama seperti penentuan awal ramadhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: