Daging Kurban Boleh Dijual Kembali, Simak Penjelasan Ustaz Khalid Basalamah

Daging Kurban Boleh Dijual Kembali, Simak Penjelasan Ustaz Khalid Basalamah

Ustaz Khalid mempercayai sebuah survei Internasional bahwa daging kambing merupakan daging tersehat di dunia.-Tangkapan Layar/ Islam Terkini-YouTube

Cara pertama yang dijelaskan adalah menajamkan pisau sembelihan di tempat lain, dilarang mengasah pisau sembelihan langsung di depan mata hewan kurban.

Lalu Ustaz Khalid Basalamah membacakan hadist lain yang berkaitan dengan adab ketika menyembelih hewan.

"Lalu hadist dari Ibnu Abbas Radhiyallahu anhuma ia berkata; 'Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam melewati seseorang laki-laki yang sedang meletakkan kakinya di lambung seekor domba sambil dia mengasah pisaunya, sementara domba itu memperhatikannya dengan matanya, maka beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam bersadba; 'Mengapa tidak (kau lakukan itu) sebelum ini? Ataukah kamu ingin mematikannya beberapa kali?'," ungkap Ustaz Khalid Basalamah.

BACA JUGA:Kiai Ma’ruf Khozin Tegas Melarang Menjual Daging Kurban, Seperti Ini Hukumnya

Masalah ini sangat serius, karena hewan kurban akan mengalami stres yang berdampak kepada kualitas daging kurban itu sendiri.

Untuk memperkuat masalah ini, Ustaz Khalid Basalamah juga menyampaikan riwayat, saat Umat bin Khattab mendapati seseorang yang memperlakukan seekor domba dengan tidak baik.

"Dalam riwayat lain Umar bin Khattab pernah melihat orang mau menyembelih, menyeret dombanya sampai domba itu teriak-teriak

"Maka kata Umar bin Khattab; 'Apakah kau mau membunuhnya berulang-ulang? Kenapa harus seperti ini?', ini menandakan Islam datang mengajarkan sesuatu yang sangat baik, ya," tukas Ustaz Khalid Basalamah.

BACA JUGA:H-3 Idul Adha, Masjid Istiqlal Baru Kedatangan Satu Hewan Kurban Sapi

Anjuran Niat Berkurban Enam Bulan Sebelumnya

Terakhir soal seseorang yang berniat untuk berkurban di tahun selanjutnya, dianjurkan membeli hewan kurban enam bulan sebelum Idul Adha.

Sebab, hal inilah yang dicontohkan oleh para sahabat Nabi Muhammad SAW.

Tujuannya adalah untuk mempergemuk hewan kurbannya, sehingga mendapatkan pahala besar di sisi Allah SWT.

BACA JUGA:Mengenal Jenis Hewan Ternak yang Boleh dan Tidak Boleh Dijadikan Kurban

"Dan para sahabat sudah memilih hewan kurban enam bulan sebelumnya, domba-domba mereka, hewan sembelihan meraka, lalu mereka gemukan lalu mereka sembelih untuk memberikan yang terbaik di jalan Allah Subhanahu wa ta'ala," tandas Ustaz Khalid Basalamah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: