Senjata Api Khusus Berhak Dimiliki Seorang Polisi Berpangkat, Irjen Napoleon: Semua Diatur Pimpinan Kesatuan

Senjata Api Khusus Berhak Dimiliki Seorang Polisi Berpangkat, Irjen Napoleon: Semua Diatur Pimpinan Kesatuan

Senjata api khusus yang dimiliki seorang anggota polri, berdasarkan pangkat dan ahli-Tom Def-Unsplash

"Setiap senjata dari pendidikan dibilang kalau itu istri pertama, maksudnya tidak boleh dipakaikan ke orang lain," terang Irjen Napo Batara di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Kamis 21 Juli 2022.

Selain identitas pemiliknya, Napoleon menyebutkan terdapat nomor hingga senjata tersebut bisa diketahui melalui nomor proyektil yang sudah ditembakan.

"Itu tercatat namanya, nomornya, tidak boleh dititipkan harus dibawa ke mana-mana," ujar Napoleon.

Makanya, terdapat aturan yang dapat menjerat pemilik aslinya yang telah memberikan senjata khusus tersebut kepada orang lain.

BACA JUGA:Sosok Kamaruddin Simanjuntak, Pengacara yang Bela Keluarga Brigadir J, Punya Rekam Jejak Tak Sembarangan

"Kalau itu terjadi, itu pelanggaran berat," tegas Napoleon.

Sebelumnya, kepolisian telah membuat pernyataan, tewasnya Brigadir J setelah terjadi baku tembak dengan Bharada E di kediaman dinas Kadiv Propam nonaktif Irjen Ferdy Sambo.

Brigadir J disebutkan tewas setelah tertembak lima kali oleh Bharada E, sementara Brigadir J menembak tujuh kali tapi tak mengenai terduga pelaku tersebut.

Peristiwa tersebut dinilai janggal oleh sejumlah pihak. Bahkan salah satu kejanggalan peristiwa ini adalah senjata Glock 17 yang disebut milik Bharada E.

BACA JUGA:Uang Beredar Tembus Rp 7.888,6 Triliun pada Juni 2022

Banyak pihak yang tak yakin bahwa senjata Glock 17 tersebut memang milik Bharada E yang notabene seorang perwira yang menjadi ajudan.

Napoleon enggan memberikan komentar secara detail terkait pistol Glock 17 yang digunakan Bharada E dalam insiden baku tembak dengan Brigadir J.

"Bukan hak saya untuk menjawab (kepemilikan Glock), karena tadi saya bilang itu tergantung kebijakan pimpinannya," tambahnya.

BACA JUGA:Es Krim Haagen Dazs Rasa Vanilla Ditarik BPOM dari Pasaran Karena Mengandung Zat Ini, Kenapa?

Kepemilikan Senjata Api Menurut Mantan Prajurit TNI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: