Sempat jadi Polemik, Mobil Odong-odong Ramai Penumpang Ditabrak Kereta Api, Korban Tewas 9 Orang

Sempat jadi Polemik, Mobil Odong-odong Ramai Penumpang Ditabrak Kereta Api, Korban Tewas 9 Orang

Warga yang menghampiri odong-odong usai kecelakaan. Di sekiling odong-odong tambak mayat dan korban yang berjatuhan, mayoritas anak-anak dan ibu-ibu, Selasa 26 Juli 2022. -Tangkapan layar-Hikmat Pratama/Facebook

SERANG, DISWAY.ID- Sempat menjadi polemik karena dianggap tidak layak jalan dan angkutan umum, Odong-odong telan korban jiwa.

Sebuah odong-odong mengalami kecelakaan di Perlintasan Kereta Api Desa Silebu Tengah Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang, Selasa 26 Juli 2022 siang. Tiga anak-anak dan 6 wanita yakni orangtua anak dilaporkan tewas. 

Transportasi odong-odong sendiri pernah menjadi polemik karena dianggap kendaraan modifikasi yang belum memenuhi standar kelayakan jalan dan kelayakan angkutan umum. 

BACA JUGA:Duar! Odong-odong Menjemput Maut di Kragilan Serang, Begini Kronologinya

Kelayakan angkutan umum tertuang dalam Undang-undang  Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2012 tentang kendaraan.

Karena ketidaklayakan itu, beberapa daerah telah mengeluarkan larangan odong-odong beroperasi di jalan raya atau jalan utama. 

Namun, tidak sedikit sopir nakal yang masih beroperasi di jalan raya atau jalan utama.

Umumnya anak-anak kecil yang ditemani orangtua menggunakan mobil modifikasi tanpa kaca dan jendela dengan khas suara musik kencang itu, sebagai hiburan jalan-jalan berkeliling.

Odong-odong Ramai Penumpang Ditabrak Kereta Api, 9 Orang Tewas

Odong-odong ramai penumpang itu tertabrak kereta api di Perlintasan Kereta Api Desa Silebu Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang.

Akibat kecelakaan tersebut sembilan orang dilaporkan tewas.

“Ada tiga anak-anak, enam ibu-ibu yang meninggal. Dua lagi masih bisa gerak (hidup-red),” ujar saksi mata H Sukma, mengutip Radar Banten Selasa 26 Juli 2022. 

Ia mengatakan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Korban meninggal dunia telah dilarikan ke RSUD dr Drajat Prawiranegara di Kota Serang. Sedangkan korban luka-luka dilarikan ke Puskesmas Pematang.

BACA JUGA:Ditabrak Kereta Hingga 9 Penumpangnya Tewas, Sopir Odong-Odong Diamankan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Radar Banten