Ini Janji Putri Candrawathi ke Brigadir J yang Diungkit Rosti Simanjuntak

Ini Janji Putri Candrawathi ke Brigadir J yang Diungkit Rosti Simanjuntak

Kolase foto Brigadir J bersama Istri Putri Chandrawati Irjen Pol Ferdi Sambo.-Foto Dok. Ilustrasi: Syaiful Amri-disway.id

Koordinator Bidang Etika dan Profesi Dewan Etika Persatuan Dokter Forensik Indonesia (PDFI), dr Yulia Budiningsih buka suara soal autopsi Brigadir J,

Ia menyebut masyarakat perlu bersabar dan tidak berasumsi dalam penyidikan kasus kematian Brigadir J.

“Kalau pekerjaan forensik itu kan pemeriksaan apa yang dilihat faktanya apa, kemudian didokumentasikan buat kesimpulan,” ujar Yulia dalam keterangan yang diterima, Rabu 27 Juli 2022.

Yulia menyayangkan banyaknya pemberitaan yang cenderung berasumsi dan menggiring opini yang mendiskreditkan dokter forensik dalam bertugas.

“Tapi sekarang yang bertaburan beritanya tentang asumsi, pemeriksaannya seolah-olah tidak sesuai, tidak profesional, itu yang saya sayangkan. Jadi maksudnya, saya mengimbau kepada masyarakat bersabar,” paparnya.

Asumsi dan penggiringan opini yang dibuat oleh pihak tertentu membuat dokter forensik menjadi tidak nyaman saat bertugas, sehingga ia meminta masyarakat untuk bersabar dalam kasus terkait Brigadir J.

BACA JUGA:Ternyata Ini Motif Emak-Emak Hina Iriana Jokowi Hingga Viral di Media Sosial

“Jadi menunggu fakta aja, nanti toh akan dibuka semua hasilnya gitu,” tuturnya.

Sebelumnya, pihak Komnas HAM telah memeriksa sejumlah ajudan Ferdy Sambo.

Menurut Anggota Komnas HAM Choirul Anam, pemeriksaan penting untuk dapat kekayaan informasi yg diperlukan terkait peristiwa yang disebut polisi tembak polisi'

Choirul Anam mengungkapkan Komnas HAM menanyakan sejumlah hal kepada seluruh ajudan. Pertama, terkait kematian Brigadir J.

Kedua, soal spektrum peristiwa sebelum hari H baku tembak pada Jumat, 8 Juli 2022. Spektrum yang dimaksud berupa suasana emosional yang terjadi.

"Misalnya pakai bercanda-bercanda, tertawa, atau tegang. Ternyata beberapa orang bilang tertawa-tertawa," ungkapnya.

BACA JUGA:Nangis Kejer Minta Maaf Setelah Ditangkap, Emak-Emak Penghina Iriana Jokowi Ternyata Berprofesi Nakes

Ketiga, soal spektrum waktu yang lebih luas yaitu kegiatan ajudan saat berada di Magelang, Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: