Kemerdekaan Taiwan, Xi Jinping Colek Joe Biden: Jangan Main Api Nanti Anda Terbakar

Kemerdekaan Taiwan, Xi Jinping Colek Joe Biden: Jangan Main Api Nanti Anda Terbakar

Sebuah foto tahun 2021 menunjukkan Presiden AS Joe Biden bertemu secara virtual dengan Presiden RRT Xi Jinping. -Foto: Nytimes.-disway.id

BEIJING, DISWAY.ID - Dalam percakapan telepon pada Jumat malam, Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping memperingatkan Presiden Amerika Joe Biden untuk tidak bermain api terhadap konflik di Taiwan.  

Tiongkok meminta mitranya Amerika tidak mendukung kemerdekaan Taiwan dengan alasan bahwa ini adalah masalah di luar kendali Amerika Serikat

“Anda, dan Amerika khususnya jangan bermain api, karena nanti akan terbakar sendiri,” tegas Xi Jinping dikutip Disway.id dari Straits Time, Sabtu 30 Juli 2022. 

BACA JUGA:Xi Jinping Tolak Undangan Putin? Ini Penjelasan Juru Bicara Kepresidenan

,,,,,,, ,,,,,,,,,,,,,

Ini merupakan komunikasi kelima Joe Biden dengan Xi Jinping sejak Biden menjabat tahun lalu. 

Komunikasi keduanya menyentuh berbagai masalah termasuk persaingan strategis, keamanan global, dan Ukraina. 

“Kedua presiden juga sepakat untuk menjadwalkan pertemuan tatap muka pertama mereka sejak Biden menjabat,” kata seorang pejabat AS kepada wartawan.

BACA JUGA:Xi Jinping ke Putin: Tiongkok Dukung Penuh untuk Kedaulatan Rusia!

Mereka mendiskusikan nilai pertemuan tatap muka dan setuju agar tim mereka menindaklanjuti untuk menemukan waktu yang disepakati bersama untuk melakukannya.

Telepon keduanya berlangsung lebih dari dua jam, panggilan telepon datang di tengah meningkatnya ketegangan antara Tiongkok dan Amerika Serikat.

Kekhawatiran Tiongkok meningkat atas kemungkinan kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS, Nancy Pelosi ke Taiwan.

Mengulangi posisi Tiongkok yang dengan tegas menentang kemerdekaan Taiwan, Xi mengatakan bahwa itu adalah kemauan tegas rakyat Tiongkok untuk menjaga kedaulatan dan integritas teritorial negara.

BACA JUGA:Xi Jinping Dituding Mainkan Diplomasi Utang ke Negara Miskin 

“Opini publik tidak bisa dilanggar. Mereka yang bermain api akan dibakar. Saya harap AS dapat melihat ini dengan jelas,” kata Xi, dikutip Disway.id dari kantor berita resmi Xinhua

Sumber: