5 Cara Sembuhkan Batuk Secara Alami Tanpa Obat, Simak juga Gejala dan Penyebabnya

5 Cara Sembuhkan Batuk Secara Alami Tanpa Obat, Simak juga Gejala dan Penyebabnya

5 Cara Ampuh Redakan Batuk dalam Hitungan Menit--Freepik/jcomp--

3. Kumur air garam

Cara mengobati batuk secara alami selanjutnya adalah berkumur dengan air garam. Cara ini bisa meredakan iritasi pada tenggorokan, terutama pada kondisi batuk kering.

Caranya pun mudah dan sederhana, Anda hanya perlu melarutkan 1 sendok teh garam dengan segelas air hangat, berkumurlah, dan ludahkan. Anda bisa melakukan cara ini beberapa kali sehari.

4. Jaga kebersihan rumah atau kamar

Jika Anda memiliki alergi terhadap bulu hewan peliharaan, debu, atau serbuk sari, sebaiknya pastikan untuk selalu menjaga kebersihkan di lingkungan rumah. Misalnya ganti dan cucilah sprei secara rutin, bersihkan lantai dengan penyedot debu, dan bersihkan jendela-jendela rumah.

BACA JUGA:Profil Bharada E alias Richard Eliezer, Tersangka Kasus Penembakan Brigadir J

Bila perlu, gunakanlah alat pembersih udara atau air purifier agar terhindar dari zat yang memicu iritasi atau alergi. Menghirup udara bersih dapat mengurangi iritasi tenggorokan dan meredakan batuk secara alami.

5. Gunakan aromaterapi dengan minyak eukaliptus

Anda juga bisa menggunakan aromaterapi, seperti minyak eukaliptus, untuk mengobati batuk secara alami. Tak hanya menghangatkan tubuh, minyak eukaliptus mampu bekerja sebagai dekongestan alami dan memiliki efek antimikroba untuk mengatasi masalah pernapasan, termasuk batuk.

Perlu diketahui, batuk juga bisa terjadi akibat naiknya asam lambung atau GERD. Pada kondisi ini, sangat disarankan untuk menghindari makanan pemicu asam lambung naik, seperti makanan tinggi lemak, makanan asam, kafein, dan makanan pedas.

BACA JUGA:Polda Metro Jaya Bantah Terjadi Saling Tembak Polisi di Gambir, Begini Kronologinya

Jika berbagai cara mengobati batuk secara alami di atas tidak mampu meredakan keluhan atau batuk disertai dengan sesak napas, mengi, nyeri dada, demam, dan panas dingin, segeralah konsultasikan ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Tak hanya itu, batuk juga dapat menjadi salah satu gejala Covid-19. Jika Anda atau anak Anda mengalami batuk, terutama jika disertai dengan demam, sakit kepala, atau hilang penciuman, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan kondisi tersebut.

Gejala dan Penyebab Batuk

Batuk umumnya disertai dengan gejala lain, seperti pilek atau hidung tersumbat, sakit tenggorokan, mengi, sesak napas, perut mulas, demam, sakit telinga, serta nyeri otot. Berdasarkan lama terjadinya, batuk dapat terjadi kurang dari 3 minggu sampai lebih dari 8 minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: