Alami Stres saat Mengurus Bayi Baru Lahir? Ini 5 Cara Mengatasinya

Alami Stres saat Mengurus Bayi Baru Lahir? Ini 5 Cara Mengatasinya

Cara hindari stres saat rawat bayi--Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Mengurus bayi baru lahir memang menjadi hal yang membahagiakan, namun ternyata juga melelahkan lho.

Kelelahan dalam mengurus bayi baru lahir bahkan dapat berujung pada kondisi stres, pasalnya hal ini bukan perkara mudah karena bisa menguras energi fisik dan mental. 

Ibu yang baru melahirkan umumnya lebih rentan mengalami stres karena kadar hormon yang belum stabil, kurang tidur, serta fisik yang belum pulih usai persalinan.

Dilansir dari alodokter, berikut cara mengatasi stres saat mengurus bayi lahir:

BACA JUGA:Komnas HAM Dapatkan Bukti Kuat dari 10 Handphone yang Diperiksa dari Kasus Kematian Brigadir J

1. Membatasi kunjungan keluarga atau teman

Meski bermaksud untuk menunjukkan simpati dan ikut berbahagia dengan kelahiran Si Kecil, kunjungan kerabat dapat menyita waktu.

Di samping itu, sering kali ibu yang baru melahirkan mendapatkan komentar yang kurang menyenangkan terkait fisik maupun cara mengurus bayi.

BACA JUGA:Duar! 6 Komandan Rusia Tewas oleh Rudal Anti Tank Ukraina

2. Meluangkan waktu untuk diri sendiri

Saat Si Kecil tertidur, luangkan waktu sejenak untuk me time. Normalnya, bayi baru lahir menghabiskan waktu 14–17 jam dalam sehari, dengan durasi 2–3 jam setiap sesi tidur.

Di sela waktu tersebut, manfaatkan waktu untuk menonton serial kesukaan, berendam di air hangat, membaca buku, melakukan hobi, atau tidur agar tubuh kembali bugar.

3. Meminta bantuan orang lain

Jangan memaksakan diri untuk mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga. Piring kotor yang menumpuk atau rumah yang berantakan mungkin membuat Bunda tidak tenang. Namun, pemulihan fisik Bunda dan menghabiskan waktu bersama Si Kecil lebih penting untuk dilakukan.

Sumber: