Mesin Bus Transjakarta Diganti Dengan Motor Tenaga Listrik, Uji Coba Pertama 30 Armada

Mesin Bus Transjakarta Diganti Dengan Motor Tenaga Listrik, Uji Coba Pertama 30 Armada

Bus TransJakarta Kalideres Soetta gratis sebulan yang akan di mulai pada 4 Juli mendatang. -rizky ari gunawan-

JAKARTA, DISWAY.ID - Transjakarta dan PT VKTR Technologi melakukan kerja sama dalam memodifikasi bus Transjakarta yang sebelumnya berbahan bakar solar menjadi motor tenaga listrik

Rencanan mesin bus Transjakarta diganti dengan motor listrik akan dilakukan antara dua perusahaan melalui penandatangan MOU antara tiga pihak yakni PT VKTR Teknologi Mobilitas, PT Transjakarta, dan Equipmake PLC.

Kerja sama tersebut, disambut baik oleh pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Achmad Ariza Patria mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan salah satu usaha dalam mengurangi polusi kota Jakarta. 

BACA JUGA:GIIAS 2022: Kesiapan After Sales Service MG di Tengah Ledakan SPK MG 5 GT

BACA JUGA:Lakukan Pemantauan Harga Sembako di 4 Pasar Tradisonal, Mendag: Kalau Turun, Saya Enggak Senang

“Hari ini ada MOU antara transjakarta BUMD Kita dengan PT VKTR dan equipment holding PLC," ujar Riza di Kantor Pusat PT Transjakarta, Cawang, Jakarta Timur, Kamis, 18 Agustus 2022.

"Kerja sama ke depan akan lakukan retrofit yaitu perubahan konversi dari berbahan bakar diesel menjadi motor tenanga listrik,” lanjutnya.

Menurutnya, konversi perubahan ini merupakan hal sangat luar biasa karena dapat mengubah bus lama yang berbahan bakar solar menjadi bertenaga listrik. 

BACA JUGA:Catat 5 Ciri-ciri Penyakit Ginjal, Simak juga Penyebabnya yang Jarang Diketahui

BACA JUGA:Kerajaan Ferdy Sambo di Polri Bukan Isapan Jempol, Mahfud MD: Sangat Berkuasa

“Ini konversi perubahan yang luar biasa, tentu kami atas nama Pemprov DKI menyambut baik upaya yang dilakukan oleh dinas perhubungan dan juga Transjakarta,” katanya.

Diketahui, menurut data dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta, terdapat 3.500 unit bus transjakarta yang berbahan bakar solar dan masih beroperasi hingga saat ini. 

Nantinya, lebih lanjut, Riza menargetkan di tahun 2030 akan ada 10.000 unit bus Transjakarta yang beroperasi dan bertenaga listrik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: