Kemenkes Umumkan Pasien Cacar Monyet Pertama di Indonesia

Kemenkes Umumkan Pasien Cacar Monyet Pertama di Indonesia

Virus cacar monyet (Monkeypox) jadi perhatian WHO dan kini ditetapkan sebagai darurat global--

JAKARTA, DISWAY.ID-Kasus monkeypox atau Cacar Monyet pertama di Indonesia diumumkan Kementrian Kesehatan. 

Pasien pertama yang terkena penyakit cacar monyet adalah seorang laki-laki, warga DKI Jakarta yang berumur 27 tahun. 

Adapun kronologi pasien tersebut hingga dinyatakan posistif terkena penyakit cacar monyet yaitu berawal pada 14 Agustus 2022.

Pada saat itu, pasien mengalami gejala demam dan pembesaran kelenjar limpa. Tidak hanya itu, ia juga mengalami gejala ringan seperti ruam di bagian wajah, telapak tangan, kaki dan sekitaran alat kelaminnya. 

BACA JUGA:Kronologi Pasien Cacar Monyet Pertama di Indonesia, Kemenkes: Habis Perjalanan Luar Negeri

"Tanggal 14 (Agustus, 2022) ada gejala demam dan pembesaran kelenjar limpa, ada cacar ruam, di muka, tangan, dan sebagian di alat kelamin," demikian jelas 

Juru bicara Kemenkes, dr Mohammad Syahril, Sabtu 20 Agustus 2022. Ketiga diketahui mengalami gejala tersebut, Syahril mengatakan bahwa petugas dengan sigap langsung menangani pasien tersebut dengan melakukan pemeriksaan PCR. 

"Dalam hitungan 2 hari sudah dilakukan, tadi malam sudah positif terkonfimasi," imbuhnya. 

Setelah dinyatakan positif terkonfirmasi cacar monyet, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) langsung melakukan surveilans kepada orang yang melakukan kontak langsung dengan pasien tersebut. 

"Pihak Dinkes melakukan pemeriksaan, apakah kasus cacar monyet yang menular memerlukan kontak tresin pernah kontak erat dengan pasien tersebut," jelasnya. 

Sebelumnya terdapat 23 orang yang diduga terkena cacar monyet dan sudah dilakukan PCR serta surveilans. Dari 23 orang tersebut, 22 diantaranya dinyatakan negatif . 

"Ada 22 suspek semua sudah dilakuakan pcr dan survailens, semuanya negartif, tidak terjadi penularan lebih lanjut dan pasien tersebut bukan cacar monyet," kata dia. 

Diberiitakan sebelumnya bahwa saat ini kondisi pasien yang dinyatakan positif cacar monyet dalam keadaan baik-baik saja dan tidak mengalami sakit berat. 

BACA JUGA:WHO Tetapkan Status Cacar Monyet Sebagai Darurat Global, PB IDI Bentuk Tim Satgas Monkeypox, Gawat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: