Gempa Hari Ini Guncang Bali Getarannya Terasa Sampai ke Jawa Timur dan NTB

Gempa Hari Ini Guncang Bali Getarannya Terasa Sampai ke Jawa Timur dan NTB

Gempa Besar Guncang Perbatasan Tiongkok-Kyrgyzstan Berkekuatan M 7,0-pixabay@Tumisu-

BALI, DISWAY.ID-Gempa guncang BALI dan sekitarnya, Senin 22 Agustus 2022 pukul 15.36 WIB. Getarannya bahkan terasa hingga Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat. 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut telah terjadi gempa Pukul 15.36 WIB. 

Gempa ini berskala Modified Mercalli Intensity (MMI) IV di Mataram. IV di Lombok Barat, IV di Lombok Tengah. IV di Badung, IV di Denpasar, IV di Klungkung, III di Buleleng, III di Karangasem, III di Gianyar.

Kemudian III di Lombok Utara, III di Lombok Timur, III di Sumbawa, III di Sumbawa Barat, III di Bima, III di Tabanan, III di Dompu dan II di Jember.

BACA JUGA:Cilacap Rawan Gempa Bumi Magnitudo 8,7 dan Tsunami 10 Meter, BMKG Imbau Begini

MMI IV artinya pada siang hari getaran dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

MMI III artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

BACA JUGA:Gempa Magnitudo 5.0 Guncang Ternate Maluku, BMKG: Waspada Potensi Gempa Susulan!

MMI II getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. MMI I artinya getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang. 

Gempa tersebut mengguncang sejumlah kawasan di Bali. Getarannya juga terasa hingga ke Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Gempa yang mengguncang Bali berkekuatan magnitudo (M) 5,8. Episentrum gempa berada di 74 kilometer tenggara Kuta Selatan, Bali. Lokasi berada di 9.36 derajat Lintang Selatan dan 115.59 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 124 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com