Waspada Potensi Gempa 8,9 Magnitudo, BMKG Beri Peringatan

Waspada Potensi Gempa 8,9 Magnitudo, BMKG Beri Peringatan

Gempa guncang wilayah Cilacap Jawa Tengah dan sekitarnya-ilustrasi-

JAKARTA, DISWAY.ID - Provinsi Bengkulu wilayah yang kerap diguncang gempa. Jika tidak terjadi dalam kurun waktu yang lama ini, sangat dikhawatirkan.

“Bengkulu memiliki potensi gempa yang sangat besar sekali yaitu mencapai sekitar 8,4 magnitudo dan pernah terjadi pada 1844. Maka BMKG mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada adanya potensi ini,” terang Kapus Gempa Tsunami BMKG, Daryono, kepada Disway.id, Kamis 25 Agustus 2022.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Pulau Baai Kota Bengkulu meminta kepada masyarakat Provinsi Bengkulu untuk waspada terkait potensi akan terjadi gempa dengan kekuatan maksimal 8,9 magnitudo yang berpusat di wilayah Kabupaten Mukomuko. Gempa tersebut juga berpotensi terjadinya tsunami dengan ketinggian ombak mencapai 15 meter.

BACA JUGA:Gempa Hari Ini Guncang Bali Getarannya Terasa Sampai ke Jawa Timur dan NTB

Sementara itu Kepala BMKG Ditegaskan Dwikorita, mengatakan identifikasi sumber bahaya gempa merupakan dasar dari mitigasi bencana, termasuk mengurangi risiko bencana tsunami. 

Harapannya, meskipun saat ini keandalan InaTEWS sudah setara dengan Sistem Peringatan Dini Tsunami yang dioperasikan oleh negara-negara maju seperti  Australia, Jepang, dan India, dengan lompatan teknologi yang akan dibangun bersama oleh Konsorsium Gempabumi dan Tsunami Indonesia akan diwujudkan informasi peringatan dini yang lebih cepat, lebih tepat, dan lebih akurat. 

Salah satu inovasi yang ditelurkan konsorsium gempabumi dan tsunami ini adalah Sistem Processing Gempabumi dan Tsunami Merah Putih.

Sistem ini akan menjadi sistem processing yang handal karya anak bangsa menggantikan sistem processing gempabumi dan tsunami yang dioperasikan saat ini.

BACA JUGA:Tragis! Ini Cerita Mantan ASN yang Tertimpa Keramik Dinding Masjid saat Gempa 6,5 SR di Kaur

“Pembangunan sistem ini adalah wujud kemandirian bangsa dan kepedulian negara terhadap jaminan keselamatan bangsa dari ancaman bahaya gempa dan tsunami,” jelasnya. 

Untuk diketahui Bengkulu berpotensi terjadi gempa bumi mencapai 8,9 magnitudo yang menimbulkan adanya gelombang tsunami mencapai 15 meter. 

Potensi gempa bumi tersebut akan terjadi ketika lempeng bumi yang berada di wilayah perairan Kabupaten Mukomuko dekat dengan wilayah perairan kepulauan Mentawai Sumatera barat pecah.

Namun hingga saat ini kondisi lempeng bumi tersebut belum pecah dan masyarakat diminta untuk tetap waspada dan tidak panik. Sebab Provinsi Bengkulu merupakan wilayah yang dilalui oleh rangkaian gunung berapi atau ring of fire sehingga berpotensi terjadinya gempa bumi dengan kekuatan yang besar jika dibandingkan dengan wilayah-wilayah lainnya.

BACA JUGA:Gempa Bumi Magnitudo 1,3 SR Guncang Pacitan, Jawa Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: