Nakes di Lebak Banten Mulai Disuntik Vaksin Covid-19 ke-4

Nakes di Lebak Banten Mulai Disuntik Vaksin Covid-19 ke-4

Tahun Depan Vaksin Covid-19 Bayar Ratusan Ribu, Kemenkes: Mumpung Gratis Sampai Akhir 2023-Ilustrasi Admin-

LEBAK, DISWAY.ID-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak  tengah memulai pelaksanaan penyuntikan vaksin ke-4 atau booster ke 2 untuk para tenaga kesehatan (nakes) juga pegawai di lingkungan kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak.

Vaksin Covid-19 ke-4 atau Booster ke-2 disuntikan kepada para nakes untuk meningkatkan level antibodi dan imunitas seluler tanpa menimbulkan KIPI yang berat.

“Ya vaksin booster ke-2 sedang kita lakukan, adapun targetnya saat ini yakni ribuan nakes juga pegawai di Dinkes Lebak,” kata Kasi Imunisasi, Surveilans dan Krisis Dinkes Lebak, Tb Mulyawan, Jumat 26 Agustus 2022.

BACA JUGA:Penumpang Bus Belum Booster Wajib Tes PCR di SE Satgas Penanganan Covid-19 Terbaru

Menurutnya, nakes menjadi prioritas pertama dalam pemberian suntikan vaksin booster ke-2 ini karena mengingat peran dari nakes yang merupakan pejuang garda terdepan dengan resiko tinggi terpapar Covid-19.

“Kita tau sendiri bahwa nakes ini merupakan pejuang yang terdepan dan pihak pertama yang maju jika ditemukannya kasus Covid-19, dengan begitu para nakes ini memiliki resiko yang tinggi. Seperti di gelombang pertama Pandemi, terdapat ribuan nakes yang terkena bahkan gugur karena terpapar virus dari pasien mereka. Maka untuk mencegah hal yang serupa imunitas alias antibodi para nakes perlu ditingkatkan kembali,” jelasnya.

BACA JUGA:700 Ribu Nakes Jakarta Akan Terima Vaksin Booster Tahap Dua

Pemberian vaksinasi booster kedua ini juga bersamaan dengan terus digenjotnya vaksinasi dosis kedua dan booster pertama kepada masyarakat umum yang saat ini masih renda

Ia pun menerangkan, untuk dosis pertama sudah mencapai 82,33 persen, dosis kedua 65,87 persen, dosis ketiga atau booster pertama masih 22,27 persen dan booster kedua yakni 2,26 persen.

“Kami terus mendorong agar cakupan dosis kedua dan ketiga khususnya meningkat melalui gerai yang rutin disiapkan setiap Kamis di pendopo dan tiap-tiap puskesmas,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Radar Banten