Pemerintah Siapkan BLT dan Subsidi Pekerja dengan Upah di Bawah Rp 3,5 Juta

Pemerintah Siapkan BLT dan Subsidi Pekerja dengan Upah di Bawah Rp 3,5 Juta

Foto ilustrasi uang. (Pixabay)--

JAKARTA, DISWAY.ID-Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 9,6 triliun untuk bantuan subsidi pekerja dengan upah di bawah Rp 3,5 juta. subsidi yang diberikan yakni sebesar Rp 600 ribu per orang. 

Selain subsidi upah, pemerintah juga akan memberikan BLT dan subsidi tranportasi sebesar 2 persen kepada Pemerintah Daerah. 

Para pekerja yang bergaji maksimal Rp 3,5 juta per bulan akan mendapatkan bantuan dalam rangka pengalihan BBM subsidi. 

“Bapak presiden juga menginstruksikan kami untuk membantu 16 juta pekerja yang memiliki gaji maksimum Rp 3,5 juta per bulan,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani seusai mengikuti rapat terbatas mengenai pengalihan subsidi BBM yang dipimpin Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin 29 Agustus 2022. 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Beri Tambahan Bansos, Setiap Keluarga Rp 600 Ribu, Dibagikan 1 September 2022

Sebanyak 16 juta pekerja akan mendapatkan subsidi upah sebesar Rp 600 ribu per orang. Subsidi upah tersebut hanya dibayarkan satu kali. 

“Ini juga nanti ibu menakertrans akan segera menerbitkan juknisnya sehingga langsung bisa dilakukan pembayaran kepada para pekerja tersebut,” kata Sri Mulyani.

Selain subsidi upah, pemerintah juga akan menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada 20,65 juta penduduk atau penerima manfaat. 

BACA JUGA:Harga Pertalite Dipaksa Naik, Sri Mulyani: Jika Tidak, Dana Subsidi BBM Bakal Meledak!

BLT diberikan sebesar Rp 150 ribu sebanyak empat kali yang akan dibayarkan per dua kali dengan anggaran total Rp 12,4 triliun.

Selain BLT itu, pemerintah juga memberikan subsidi transportasi melalui Pemerintah Daerah sebesar 2 persen dari dana transfer umum yaitu dana alokasi khusus (DAK) dan dan bagi hasil (DBH) sebesar Rp 2,17 triliun.

Bantuan diberikan dalam bentuk subsidi transportasi untuk angkutan umum sampai dengan ojek dan nelayan, serta untuk perlindungan sosial tambahan. 

Bantuan-bantuan tersebut direncanakan akan mulai dieksekusi pada pekan ini. Pemerintah berharap BLT yang diberikan bisa mengurangi tekanan kenaikan harga kepada masyarakat dan bahkan mengurangi kemiskinan. 

“Kami bisa memberikan dukungan kepada masyarakat yang memang dalam hari-hari ini dihadapkan pada tekanan terhadap kenaikan harga,” pungkas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: